Selasa 18 Aug 2020 19:17 WIB

Koeman Tinggalkan Belanda untuk Barcelona

KNVB mengizinkan memutus kontrak jika Koeman menerima tawaran dari Barcelona.

Ronald Koeman
Foto: REUTERS/Matthew Childs
Ronald Koeman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Belanda Ronald Koeman diperkirakan akan menyelesaikan negosiasi kontrak tiga tahun untuk menangani Barcelona. Koeman mempunyai klausul dalam kesepakatannya dengan Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB).

KNVB mengizinkan memutus kontrak jika Koeman menerima tawaran dari Barcelona, klub tempat ia bermain dan memulai karier melatihnya dengan menjadi asisten Louis van Gaal.

Baca Juga

Pelatih berusia 57 tahun itu tidak merahasiakan fakta bahwa Barcelona akan menjadi pekerjaan impian. Media Belanda mengatakan, Koeman sekarang merasa sekarang atau tidak pernah sama sekali saat menerima tawaran dari klub raksasa Katalan itu.

Keputusan Koeman dipermudah oleh ketidakpastian mengenai masa depan sepak bola internasional di tengah pandemi virus corona. Pertandingan Liga Negara bulan depan di bawah ancaman dari peningkatan infeksi baru Covid-19 di seluruh Eropa, ditambah penundaan Piala Eropa ke tahun depan.

Quique Setien dipecat sebagai pelatih Barcelona pada Senin (17/8) setelah La Blaugaran dipermalukan dengan kekalahan 2-8 oleh Bayern Muenchen dalam pertandingan perempat final Liga Champions.

Koeman akan dihadapkan dengan pekerjaan utama membangun kembali skuat Barca setelah finis di urutan kedua klasemen La Liga Spanyol, di bawah sang juara Real Madrid dan disingkirkan dari Copa del Rey pada babak perempat final oleh Athletic Bilbao.

Bagi KNVB, kepergian Koeman adalah pukulan besar. Koeman mempunyai kontrak hingga Piala Dunia di Qatar pada 2022 dan memimpin tim ke kualifikasi Piala Eropa setelah Belanda tidak lolos pada Euro 2016 dan Piala Dunia 2018.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement