Sabtu 08 Aug 2020 12:12 WIB

STMIK Nusa Mandiri Sosialisasikan Gemastik 2020

Sosialiasi diharapkan memotivasi  mahasiswa  ikut  Gemastik 2020.

STMIK Nusa Mandiri menggelar sosialisasi Gemastik 2020.
Foto: Dok STMIK Nusa Mandiri
STMIK Nusa Mandiri menggelar sosialisasi Gemastik 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Nusa Mandiri menyelenggarakan sosialisasi Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) bertajuk ‘TIK untuk Indonesia Maju’ secara daring.

Gemastik 2020 merupakan program tahunan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) milik Kemendikbud RI.

Sosialisasi Gemastik 2020  menghadirkan  nara sumber  Ridan Nurfalah dan Risca Lusiana Pratiwi.  Acara yang dipandu oleh Muhammad Rangga ini dilaksanakan secara daring melalui google meet.

“Sosialisasi ini berguna untuk mengenalkan tentang Gemastik 2020, pengembangan perangkat lunak, pengembangan kota cerdas hingga piranti cerdas, sistem benam dan IoT,” tutur Risca, Rabu (29/7) lalu.

photo
Dokumentasi kegiatan sosialisasi Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) bertajuk ‘TIK untuk Indonesia Maju’ secara daring.  (Foto: Dok STMIK Nusa Mandiri)

Ia menambahkan, melalui gemastik ini banyak kemampuan TIK mahasiswa STMIK Nusa Mandiri yang dapat diuji dengan berbagai studi kasus pada masing-masing cabang kompetisi untuk dapat menghasilkan solusi paling efisien dan efektif untuk kemajuan teknologi di Indonesia.

Selain mengenalkan apa itu Gemastik 2020, sosialisasi ini juga menjelaskan secara detil mengenai divisi-divisi yang dikompetisikan sebanyak 11 divisi.

“Cabang kompetisi Gemastik 2020 ini dibagi menjadi 11 divisi. Yaitu, seperti divisi programming, ciber security, data mining, ux design, animation, smart city, ICT scientific paper, software development, smart device embedded system & IoT, game development, dan ICT Business Development,” beber Ridan dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menambahkan,  sosialisasi Gemastik 2020 ini bermaksud untuk memberikan pengetahuan, wawasan dan pengumuman terkait Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang TIK (GEMASTIK) 2020. Mulai dari syarat untuk menjadi peserta, divisi yang dapat diikuti, penilaian, aturan pelaksanaan hingga tips agar lolos hingga babak final.

Arif Hidayat selaku wakil ketua II Bidang Non Akademik berharap dengan adanya kegiatan ini mahasiswa mampu mengambil peran dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya untuk masyarakat, kampus serta negara.

“Diharapkan sosialisasi yang digelar oleh STMIK Nusa Mandiri ini mampu memberikan motivasi bagi mahasiswa untuk mengikuti Gemastik 2020 serta membantu mahasiswa dalam menyusun proposal kegiatan GEMASTIK tersebut,” tutup Arif.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement