Senin 03 Aug 2020 08:02 WIB

40 Kru dan Penumpang Kapal Pesiar Norwegia Positif Covid-19

Otoritas Norwegia tengah melacak para penumpang kapal pesiar yang telah turun

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Christiyaningsih
Sebanyak 40 kru dan penumpang kapal pesiar mewah asal Norwegia MS Roald Amundsen dinyatakan positif Covid-19.
Foto: Terje Pedersen/EPA
Sebanyak 40 kru dan penumpang kapal pesiar mewah asal Norwegia MS Roald Amundsen dinyatakan positif Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, OSLO -- Sebanyak 40 kru dan penumpang kapal pesiar mewah asal Norwegia dinyatakan positif Covid-19, Ahad (2/8). Saat ini otoritas di sana tengah melakukan pelacakan terhadap para penumpang yang telah turun.

Penemuan klaster di kapal pesiar bernama MS Roald Amundsen itu bermula ketika empat anggota kru didiagnosis mengidap penyakit pernapasan saat tiba di pelabuhan Tromsoe pada Jumat (31/7). Setelah melakukan pemeriksaan, mereka dinyatakan positif Covid-19.

Baca Juga

Sebanyak 32 dari 158 awak kapal lainnya turut dinyatakan tertular virus corona. Sementara para kru dikarantina di kapal, terdapat 178 penumpang yang turun saat MS Roald Amundsen tiba di pelabuhan Tromsoe. Otoritas Norwegia pun segera meluncurkan operasi pelacakan.

Menurut Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia (FHI), sejauh ini terdapat empat dari 387 penumpang gabungan yang bepergian dengan dua kapal pesiar terpisah sejak 17 Juli ditemukan mengidap Covid-19. "Kami berharap bahwa lebih banyak infeksi akan ditemukan sehubungan dengan wabah ini," ujar eksekutif senior FHI Line Vold.

FHI mengaku telah mengirim pesan kepada semua penumpang kapal. FHI tengah berusaha memverifikasi apakah para penumpang telah menerima dan memahami pesan yang mereka kirim. "Kami bekerja keras untuk menahan wabah ini untuk membatasi penyebaran pada populasi umum," kata dokter kepala di kotamadya Tromsoe Kathrine Kristoffersen.

MS Roald Amundsen dijadwalkan untuk berlayar di sekitar kepulauan Inggris Raya pada September mendatang. Kapal diagendakan berlabuh di pelabuhan di Inggris dan Skotlandia. The Hurtigruten, pemilik MS Roald Amundsen dan 15 kapal lainnya, merupakan pihak pertama yang memulai kembali kegiatan kapal pesiar pada Juni lalu setelah tiga bulan ditangguhkan akibat pandemi.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement