Rabu 29 Jul 2020 22:31 WIB

Keutamaan Puasa di Hari Arafah adalah Menebus Dosa Besar

Puasa Arafah menghapuskan dosa satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Muhammad Fakhruddin
Keutamaan Puasa di Hari Arafah adalah Menebus Dosa Besar (ilustrasi).
Foto: republika
Keutamaan Puasa di Hari Arafah adalah Menebus Dosa Besar (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Menjelang Hari Raya Idul Adha, umat Muslim disarankan untuk melakukan puasa Arafah. Pasalnya, ada banyak kandungan dan manfaat dalam ibadah tersebut.

Dari Abu Qatadah, dia berkata: ‘’Rasulullah pernah ditanya tentang puasa hari Arafah. Maka beliau menjawab: ‘Menebus dosa-dosa tahun yang lalu dan tahun yang akan datang.’’ (HR. Muslim 1162)

Mengutip buku Syarah Riyadhus Shalihin Jilid 4, hadist itu memiliki kandungan utama, bahwa keutamaan puasa di hari Arafah adalah menebus dosa-dosa besar.

Sementara itu, dalam Kitab Saum Sunan At-Tirmidzi, oleh Muhammad bin ‘Isa disebutkan bab terkait puasa Arafah.

 

[Sahih] Qutaibah dan Ahmad bin ‘Abdah Adh-Dhabbi telah menceritakan kepada kami. Keduanya berkata: Hammad bin Zaid menceritakan kepada kami dari Ghailan bin Jarir, dari ‘Abdullah bin Ma’bad Az-Zimmani, dari Abu Qatadah bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda, ‘’Puasa hari Arafah, aku berharap kepada Allah agar menghapuskan dosa satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya.

Namun demikian, masih dalam Kitab yang sama, disebutkan juga bab dibencinya puasa Arafah yang dilakukan di Arafah. Dalam bab tersebut, ada riwayat dari Abu Sa’id, serta para ulama yang menyunahkan puasa hari Arafah kecuali di Arafah [Sahih] Ahmad bin Mani’ telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Isma’il bin Ulayyah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Ayyub menceritakan kepada kami dari ‘Ikrimah, dari Ibnu Abbas bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam tidak berpuasa di Arafah. Ummu Al-Fadhl mengirimkan susu kepada beliau lalu beliau minum.

Dalam bab tersebut juga diriwatkan dari Abu Hurairah, Ibnu ‘Umar, dan Ummu Al-Fadhl. Hadis Ibnu ‘Abbas adalah hadis hasan sahih. Diriwayatkan dari Ibnu ‘Umar, beliau berkata: Aku berhaji bersama Nabi namun beliau tidak berpuasa di hari Arafah. Juga bersama Abu Bakr, beliau tidak berpuasa di hari Arafah. Juga bersama ’Umar, beliau tidak berpuasa di hari Arafah. Juga bersama ’Utsman, beliau tidak berpuasa di hari Arafah. Mayoritas ulama beramal sesuai hadis ini. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement