Kamis 16 Jul 2020 15:02 WIB

Tentara Libya Lihat Kedatangan Senjata Mesir untuk Haftar

Haftar mengatakan pasukannya bersiap pertempuran besar di dekat Sirte, al-Jufra.

Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan  melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS).  Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.
Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS). Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Diana Shalhoub

TRIPOLI 

Tentara Libya pada Rabu mengatakan mereka telah melihat pengiriman pasokan militer dari Mesir ke Kota Tobruk di timur laut Libya.

Perkembangan tersebut terjadi tak lama setelah panglima perang Khalifa Haftar mengatakan pasukannya sedang bersiap untuk pertempuran besar di dekat Kota Sirte dan al-Jufra.

Gambar yang dirilis oleh Operasi Gunung Berapi yang dipimpin pemerintah menunjukkan orang-orang berseragam militer berdiri di samping kendaraan yang membawa senjata dan peralatan militer. Namun, tentara Libya tidak memberikan perincian lebih lanjut.

Pada 8 April, tentara Libya merilis foto-foto sebuah kapal Mesir yang tiba di pelabuhan Tobruk membawa 40 kontainer amunisi untuk Haftar.

Tahun lalu, pada 6 Juni, tentara Libya merilis foto-foto perlengkapan militer dan amunisi yang tiba melalui darat dari Mesir untuk mendukung milisi Haftar.

Pada Juni, Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi mengisyaratkan bahwa Kairo bisa meluncurkan misi militer eksternal ke Libya jika diperlukan dan mengatakan bahwa setiap intervensi langsung di Libya telah menjadi sah secara internasional.

Al-Sisi mengatakan Kota Sirte dan pangkalan udara al-Jufra adalah garis merah, menyerukan pasukannya untuk bersiap untuk melaksanakan misi apa pun di sini di dalam perbatasan kami, atau jika perlu di luar perbatasan kami.

Sejak April 2019, pasukan Haftar telah melancarkan serangan terhadap ibu kota Libya, Tripoli, dan bagian lain Libya barat laut, yang mengakibatkan lebih dari 1.000 kematian, termasuk perempuan dan anak-anak.

Namun, pemerintah Libya baru-baru ini meraih kemenangan signifikan, mendorong pasukan Haftar keluar dari Tripoli dan Kota Tarhuna yang strategis.

 

* Ahmed Asmar berkontribusi pada berita ini dari Ankara

sumber : https://www.aa.com.tr/id/turki/tentara-libya-lihat-kedatangan-senjata-mesir-untuk-haftar/1911373
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement