Monday, 20 Syawwal 1445 / 29 April 2024

Monday, 20 Syawwal 1445 / 29 April 2024

Wakil Ketua MPR Apresiasi Jokowi yang Berpihak kepada UMKM

Rabu 15 Jul 2020 23:18 WIB

Red: Gita Amanda

UMKM

UMKM

Foto: Antara/Irfan Anshori
Presiden Jokowi memberikan bantuan modal kerja sebesar Rp 2,4 juta kepada pelaku UMKM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Demokrat, Syarief Hasan mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membantu usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang terpukul akibat pandemi Covid-19 dan berefek terhadap ekonomi masyarakat.

"Banyak pelaku UMKM yang harus tutup sementara ataupun permanen karena tidak memiliki modal untuk melanjutkan usahanya," kata Syarief Hasan di Jakarta, Rabu (15/7).

Apresiasi dan terima kasih itu dia sampaikan karena beberapa waktu lalu Presiden Jokowi memberikan bantuan modal kerja sebesar Rp 2,4 juta kepada pelaku UMKM. Pemberian yang dilakukan secara simbolis di halaman Istana Merdeka pada 14 Juli 2020, dan rencananya akan disalurkan kepada 12 juta pelaku UMKM.

Ia menganggap bahwa UMKM merupakan tulang punggung dan penyanggah utama ekonomi Indonesia. Data dari Kementerian Koperasi dan UKM menunjukkan UMKM berkontribusi sebesar 61 persen terhadap PDB dan menyerap tenaga kerja sampai 97 persen.

“Jika UMKM ini tidak cepat dibantu, maka akan sangat berpengaruh pada perekonomian masyarakat,” kata Syarief Hasan.

Mantan Menteri Koperasi dan UMKM tersebut memiliki pandangan yakni bantuan Presiden Jokowi dapat menjadi tambahan modal para pelaku UMKM untuk menormalkan usaha mereka.

“Kondisi pemasukan UMKM yang berkurang selama masa pandemi COVID-19 akan berangsur pulih kembali dengan adanya bantuan modal kepada UMKM,” kata Syarief.

Ia juga menganggap langkah Presiden Jokowi menyerahkan bantuan kepada UMKM di Istana Merdeka dapat menjadi preseden baik bagi pemerintah dan contoh yang nyata bagi menteri-menterinya.

“Langkah bagus ini dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dalam penanggulangan pandemik COVID-19, baik di bidang kesehatan maupun ekonomi,” kata dia.

Diharapkan bantuan modal kerja tersebut dapat segera langsung disalurkan kepada 12 juta pelaku UMKM sehingga mereka bisa segera bangkit.

“Semoga bantuan ini segera terealisasi di daerah-daerah. Sehingga UMKM dapat berkontribusi kembali terhadap PDB maupun penyerapan angkatan kerja kita,” ucapnya.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat itu juga mendorong agar kementerian-kementerian terkait dapat segera menindaklanjuti dan merealisasikan bantuan tersebut.

“UMKM harus segera dibantu agar dapat segera hidup kembali. Begitupun stimulus KUR, restrukturisasi kredit, insentif perpajakan, dan sektor lainnya, harapannya segera direalisasikan. UMKM tumbuh ekonomi maju, rakyat sejahtera,” ujar Syarief Hasan.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler