Sabtu 11 Jul 2020 02:12 WIB

Venus Muncul Paling Terang di Pagi Hari

Venus 21 kali lebih terang dibandingkan Sirius, bintang yang paling terang.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Venus muncul paling terang di pagi hari pada 10 Juli 2020.
Foto: skysafari apps
Venus muncul paling terang di pagi hari pada 10 Juli 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Planet Venus tampak menjadi pemandangan yang cantik di pagi hari. Dilansir di Space, Jumat (10/7), selama bulan Juli, Venus tampil seperti bulan sabit yang besar, cemerlang, dan indah.

Pada Jumat (10/7) pagi, Venus muncul dan bersinar paling terang pada magnitudo -4,7. Magnitudo adalah ukuran kecerahan. Angka negatif yang menunjukkan objek paling terang.

Baca Juga

Venus akan bersinar sangat terang hingga akhir tahun 2020. Pada tiga pagi hari berturut-turut yaitu 11, 12 dan 13 Juli, posisi Venus berada di tengah-tengah rasi bintang Taurus, Aldebaran dan gugus bintang raksasa Hyades). Venus hanya berjarak 1 derajat dari Aldebaran pada tiga pagi hari ini dan menampilkan menampilkan pemandangan yang cantik.

Menurut "Observer's Handbook 2020" Venus paling terang pada 10 Juli. Saat itu, Venus 21 kali lebih terang dari bintang Sirius. Sirius adalah bintang yang paling cemerlang dari semua bintang.

Saking cerahnya Sirius, Anda dapat melihatnya pada hari yang sangat cerah dengan mata telanjang setelah matahari terbit. Jika Anda dapat melacak keberadaannya melalui matahari terbit, Anda masih bisa melihatnya sebagai 'bintik' putih kecil di langit biru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement