Rabu 08 Jul 2020 14:25 WIB

Ledakan Bintang Ini Dapat Disaksikan dengan Teropong Amatir

Ledakan bintang ini terlihat seperti cahaya terang digelap malam angkasa

Rep: Rizkyan adiyudha/ Red: Dwi Murdaningsih
Dua supernova dapat dilihat menggunakan teleskop 6 inci.
Foto: sky and telescope
Dua supernova dapat dilihat menggunakan teleskop 6 inci.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ledakan bintang atau supernova merupakan fenomena alam yang sulit terlihat oleh kasat mata. Ledakan tersebut biasanya hanya dapat dilihat menggunakan teropong bintang profesional atau yang biasa berada di observatorium.

Seperti diwartakan Sky And Telescope, Rabu (8/7) saat ini ada dua supernova yang dapat dilihat bahkan menggunakan teleskop 6 inci. Keduanya terlihat di langit barat saat malam tiba di rasi bintang tetangga Virgo dan Coma Berenices.

Baca Juga

Supernova pertama dijuluki 2020nlb. Dia ditemukan oleh Asteroid Terestrial Last Alert System (ATLAS) pada Kamis (25/6) lalu di galaksi magnitudo 10 M85. Galaksi itu terletak di Coma Berenices dengan jarak 60 juta tahun cahaya dari Bumi.

M85 adalah galaksi elips berukuran seperempat dari galaksi bimasakti. Ledakan bintang kedua adalah SN 2020nvb yang ditemukan pada 1 Juli di NGC 4457 yang ditemukan oleh pemburu supernova amatir dan proliferasi Jepang Koichi Itagaki.

NGC 4457 merupakan sebuah galaksi spiral di Virgo yang terletak sekitar 55 juta tahun cahaya dari bumi. Masing-masing supernova yang baru ditemukan ini terjadi dalam sistem biner yang dekat.

2020nvb berukuran sama dengan Bumi. Namun bintang tersebut memiliki masa yang hampir serupa dengan matahari. Gravitasi kuat bintang tersebut menyedot material disekitarnya dan memulai fusi nuklir yang tak terkendali hingga akhirnya meledak.

Ledakan supernova biasanya menghasilkan dua pecahan benda langit, Type Ia dan Type II. Type Ia menghasilkan pecahan seperti bintang kurcaci dan Yype II terlihat seperti planet yang akan segera meledak, Betelgeuse.

Baik 2020nlb dan 2020nvb adalah supernova Tipe Ia. Ledakan bintang itu akan menjadi cahaya terang digelap malam angkasa. Faktanya, mereka akan menjadi supernova Tipe Ia yang paling bercahaya yang menyinari seluruh galaksi inangnya.

Supernova M85 akan dengan sangat cepat bercahaya hingga cerah dari besarnya 16,8 saat ditemukan menjadi 12,2 pada Selasa (7/7) lalu dan diprediksi bakal semakin cerah. Sedangkan supernova NGC 4457 bahkan lebih terang pada magnitudo 11,9 dan terletak sedikit barat laut dari pusat inti galaksi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement