Ahad 05 Jul 2020 17:52 WIB

Tambah Enam Kasus, Positif Covid-19 di DIY Capai 331

Jumlah akumulasi positif Covid-19 di DIY mencapai 331 kasus.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yudha Manggala P Putra
Petugas medis menangani pasien diduga terjangkit corona (ilustrasi).
Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Petugas medis menangani pasien diduga terjangkit corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- DIY masih melaporkan tambahan kasus positif Covid-19, yang pada 5 Juli 2020 ini ada enam terkonfirmasi baru. Penambahan tersebut menjadikan jumlah positif Covid-19 di DIY mencapai 331 kasus.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 untuk DIY Berty Murtiningsih mengatakan, enam kasus baru ini di antaranya satu warga Kabupaten Sleman, dua warga Kabupaten Gunungkidul, satu warga Kota Yogyakarta dan dua warga Kabupaten Bantul. Warga Sleman yakni berjenis kelamin laki-laki dengan umur 55 tahun yang memiliki riwayat perjalanan dari Makassar.

"Kasus Sleman ini ada urusan pekerjaan di Makassar dan KTP Sleman," kata Berty, Ahad (5/7).

Dua warga lain yakni dari Gunungkidul, perempuan dengan umur 61 tahun dan laki-laki dengan umur 32 tahun. Berty menyebut, perempuan tersebut diketahui positif dari hasil screening di salah satu rumah sakit dan satu warga Gunungkidul lainnya merupakan hasil tracing (pelacakan) yang dilakukan Dinkes Kabupaten Gunungkidul.

Warga Kota Yogyakarta yang positif berjenis kelamin perempuan dengan umur 29 tahun. Warga Kota Yogyakarta ini ber-KTP Magelang, Jawa Tengah.

"Riwayat warga Kota Yogyakarta ini ada kontak dengan pasien positif di Jepara. KTP Magelang, tapi domisili di Kota Yogyakarta," ujarnya.

Sementara, dua warga Bantul merupakan perempuan yang berumur 65 tahun dan 70 tahun. Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Bantul Sri Wahyu Joko Santosa mengatakan, perempuan berumur 65 tahun masih dalam penelusuran Dinkes Bantul.

Sedangkan, satu warga Bantul lainnya memiliki riwayat kontak dengan kasus positif sebelumnya yakni kontak dengan kasus nomor 314. Warga Bantul ini merupakan tetangga dari kasus nomor 314 tersebut.

Joko menyebut, tidak ada kontak dari luar Bantul maupun luar DIY. Saat ini, pihaknya masih melakukan kontak tracing lebih lanjut terhadap kasus 314.

"Tidak ada hubungan keluarga, bertetangga depan rumah. Mungkin ngobrol biasa dan kebetulan usianya sudah resiko tinggi. Kontak tracing sedang dilakukan, tidak terbukti ada kontak dari luar. Tapi belum tahu juga pengakuannya benar atau tidak," ujar Joko.

Selain ada tambahan kasus positif baru, juga dilaporkan adanya satu kasus positif yang sudah dinyatakan sembuh di DIY. Kasus sembuh ini merupakan kasus nomor 252 yang berjenis kelamin laki-laki, berumur 35 tahun dan asal Sleman.

Dengan begitu, total kasus sembuh di DIY sudah mencapai 276 kasus atau 83 persen. Didapatkannya enam tambahan kasus baru dan satu kasus sembuh ini merupakan hasil pemeriksaan terhadap 216 sampel Covid-19 dari 174 orang di DIY.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement