Selasa 30 Jun 2020 09:23 WIB

Norwegian Air Batalkan Pesanan Pesawat Boeing

Norwegian Air juga telah mengajukan klaim hukum untuk pengembalian pembayaran.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Norwegian Air membatalkan pesanan 97 pesawat Boeing tipe 737 Max dan lima pesawat tipe 787 Dreamliners.
Foto: scandasia.com
Norwegian Air membatalkan pesanan 97 pesawat Boeing tipe 737 Max dan lima pesawat tipe 787 Dreamliners.

REPUBLIKA.CO.ID, OSLO -- Norwegian Air membatalkan pesanan 97 pesawat Boeing tipe 737 Max dan lima pesawat tipe 787 Dreamliners. Padahal, Boeing sudah memulai uji coba penerbangan 737 Max nya untuk mendapatkan kembali persetujuan operasional pesawat yang sempat mengalami kecelakaan di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

“Norwegian Air juga telah mengajukan klaim hukum untuk pengembalian pembayaran sebelum pengiriman pesawat dan kompensasi atas kerugian perusahaan terkait dengan dikandangkannya Boeing 737 Max 8 dan masalah mesin pada Boeing 787,” kata perwakilan Norwegian Air dikutip dari Reuters, Selasa (30/6).

Baca Juga

Hanya saja, Norwegian Air belum merinci jumlah yang akan diklaim kepada Boeing. Sementara Boeing juga belum mengomentari terkait diskusi komersial dengan Norwegian Air mengenai hal tersebut.

Sebelumnya, mesin Trent 1000 yang digunakan pada pesawat Boeing 878 Dreamliners bermasalah. Hanya saja, Norwegian Air belum mengatakan apakah juga akan mengajukan tuntutan humum kepada Rolls-Royce yang memproduksi mesin tersebut.

Sementara pesawat Boeing 737 Max 8 sudah dikandangkan sejak Maret 2019. Saat pesawat tipe tersebut mengalami masalah dan kecelakaan fatal di sejumlah sehingga banyak maskapai di seluruh dunia membatalkan pesanannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement