Rabu 24 Jun 2020 15:07 WIB

Afrika Selatan Mulai Uji Coba Vaksin Covid-19

Vaksin Covid-19 yang diuji coba di Afrika Selatan sama dengan di Inggris dan Brasil.

Red: Nur Aini
Pembuatan vaksin Covid-19. (Ilustrasi)
Foto: AP Photo/John Minchillo
Pembuatan vaksin Covid-19. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG -- Afrika Selatan mengumumkan akan memulai uji coba pertama untuk vaksin Covid-19 pekan ini. "Uji coba vaksin Ox1Cov-19 dipimpin oleh Wits University, bersama dengan University of Oxford dan Oxford Jenner Institute," ungkap para peneliti selama konferensi pers virtual di University of the Witwatersrand (Wits), Johannesburg, Afsel.

"Ini adalah momen penting bagi Afrika Selatan dan Benua Afrika selama penanganan pandemi," kata Shabir Madhi, seorang guru besar di Universitas Wits sekaligus direktur Unit Penelitian Penyakit Menular di Dewan Riset Afrika Selatan (SAMRC) pada Selasa (23/6).

Baca Juga

Peserta untuk uji coba Oxford 1 Covid-19 sudah disaring sejak pekan lalu. Peserta gelombang pertama akan berpartisipasi dalam uji coba akhir pekan ini. Vaksin yang digunakan dalam uji coba ini sama dengan yang digunakan di Inggris dan Brasil.

Sejauh ini Afrika Selatan mencatat sebanyak 101.590 kasus Covid-19. Sebanyak 1.991 di antaranya meninggal dunia. Sekitar 53 ribu pasien sudah dinyatakan pulih, yang artinya tingkat pemulihan di negara itu adalah 52,6 persen.

Berita ini diterbitkan di: https://www.aa.com.tr/id/dunia/afrika-selatan-mulai-uji-coba-vaksin-covid-19-/1887869

sumber : Anadolu Agency
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement