Selasa 23 Jun 2020 06:22 WIB

Sekilas tentang Pemakaman Keluarga Kerajaan Pasha Mesir

Pemakaman keluarga kerajaan Pasha didirikan pada 1816.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Sekilas tentang Pemakaman Keluarga Kerajaan Pasha Mesir. Pemakaman keluarga kerajaan Mesir Mohammad Ali Pasha atau Hosh al-Basha di Masjid Imam Syafii.
Foto: Egypt Today
Sekilas tentang Pemakaman Keluarga Kerajaan Pasha Mesir. Pemakaman keluarga kerajaan Mesir Mohammad Ali Pasha atau Hosh al-Basha di Masjid Imam Syafii.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Makam keluarga kerajaan Mesir Mohammad Ali Pasha atau Hosh al-Basha termasuk dalam kompleks sekelompok makam milik kerajaan keluarga Alevi tepat berada di sebelah Masjid Imam Syafii.

Dilansir di Egypt Today, Ahad (21/6) Makam Hosh al-basha didirikan pada 1816 dan dibangun oleh Mohammad Ali Pasha.Namun, ia tidak dimakamkan di sana, karena ia dimakamkan di masjidnya yang terkenal di Benteng Salah el-Din.

Baca Juga

Menurut Kementerian Pariwisata dan Purbakala, diwakili oleh Administrasi Umum kementerian Sejarah Kairo yang bekerja sama dengan Zona Arkeologi Imam el-Shafie mengatakan saat ini, pekerjaan pencahayaan untuk kubah Hosh al-Basha sedang berlangsung. Makam keluarga kerajaan terletak di bawah tiga kubah besar. 

Makam ini dihiasi dengan ukiran dan motif yang rumit. Di atas pintu masuk makam adalah kubah kecil dimana lampu gantung tembaga menggantung dan mengarah ke aula besar dengan dua pintu, masing-masing mengarah ke taman makam. Di ujung lorong adalah pintu besar yang mengarah ke bagian dalam makam.

Pemakaman Hosh al-Basha di daerah Benteng di Kairo termasuk 16 makam untuk anggota keluarga Mohammad Ali Pasha karena mereka dianggap peninggalan zaman kerajaan.

Makam pertama adalah makam gubernur Mesir Ibrahim Pasha, putra Muhammad Ali Pasha, dan mausoleumnya terdiri dari tiga lantai seperti piramida dari alabaster Italia. Ini sepenuhnya dihiasi dari lantai bawah ke atas dengan motif bunga dan Arab dalam gaya Islam dan mewakili dalam konstruksi dan motif unit teknik terpadu dalam bentuknya.

Selain itu, makam Hosh el-basha juga termasuk tempat suci untuk gubernur pertama Mesir, Abbas Helmy I. Terdiri dari tiga lantai yang diukir dengan motif bunga dan Arab yang indah di atasnya ditandai dengan tanda di mana nama pemilik kuburan ditulis dalam bahasa Turki . Makam itu dikelilingi oleh pagar tembaga besar dengan pola geometris terukir.

Selain itu, kami menemukan kelompok pemakaman lain, yaitu Makam Gubernur Mesir Muhammad Saeed Pasha, dan makam Nour Hanem, ibu dari Abbas Helmy I. Itu adalah salah satu makam wanita terbesar dan termewah di kompleks situs pemakaman Imam Syafii, panjangnya sekitar tiga meter. Juga, makam Ilhami Pasha, saudara lelaki Abbas Helmy I dan mausoleumnya adalah dua marmer berukir dengan ayat-ayat Alquran terukir.

Di samping makam Fathiya Hanim, istri Abbas Helmy I, makam Putri Syams, istri Abbas Helmy I, makam Putri Malak, istri Mohammad Saeed Pasha, makam Putri Angy istri Mohammad Saeed Pasha, makam Pangeran Ahmed bin Ibrahim Pasha, makam Putri Ain al-Hayat, ibu dari Mohammad Saeed Pasha, makam Pangeran Toson Pasha putra Mohammad Saeed Pasha, dan makam Pangeran Mohammad putra Toson Pasha, antara lain.

Sumber: https://www.egypttoday.com/Article/4/88833/A-glimpse-at-the-royal-family-s-gravesites-in-Imam

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement