Jumat 19 Jun 2020 17:15 WIB

Seorang Polisi Selandia Baru Ditembak Hingga Tewas di Jalan

Seorang polisi tidak bersenjata tewas ditembak di Selandia Baru

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Seorang polisi tidak bersenjata tewas ditembak di Selandia Baru. (Ilustrasi)
Foto: pixabay
Seorang polisi tidak bersenjata tewas ditembak di Selandia Baru. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WELLINGTON -- Seorang polisi tidak bersenjata tewas ditembak dan satu polisi lainnya terluka saat berusaha menghentikan sebuah mobil di Wellington, Selandia Baru. Polisi Negeri Kiwi menggelar pencarian besar-besaran di Auckland untuk menemukan dua orang pelaku yang melarikan diri. 

Pelaku juga menabrak seorang warga yang sedang berada di pinggir jalan. Polisi mengatakan mereka telah menemukan senjata api dan berbicara dengan dua orang 'yang terkait' dengan kasus ini. Polisi menambahkan mereka akan tetap waspada hingga pelaku sudah ditahan.

Baca Juga

Komisioner Polisi Selandia Baru Andrew Coster mengatakan penembakan terjadi ketika petugas polisi yang tewas dan terluka sedang menepikan sebuah mobil. Mereka sempat kehilangan pandangan dan terjadi tabrakan.

Ketika para petugas mendekati seorang laki-laki keluar dari mobil dan melepaskan tembakan ke arah dua polisi tersebut, para petugas tidak membawa senjata api. Anggota kepolisian Selandia Baru tidak selalu membawa senjata tapi biasanya tersedia di mobil mereka.

"Ini situasi yang mengejutkan, terkait apa yang kami lakukan ini berita terburuk yang dapat diterima polisi dan keluarga petugas polisi," kata Coster, Jumat (19/6).

Coster mengatakan petugas yang terluka dibawa ke rumah sakit dengan luka di kaki yang serius. Begitu pula warga yang ditabrak yang kini masih dirawat di rumah sakit. Ia menegaskan keduanya dalam kondisi stabil.

Hingga kini pelaku masih diburu polisi, Coster mengatakan delapan sekolah di sekitar lokasi kejadian sudah ditutup. Polisi juga menggelar razia di jalan. Meminta warga untuk menjauh dari lokasi kejadian.

Mobil kedua ditemukan dalam keadaan kosong. Media setempat melaporkan polisi bersenjata lengkap menyerbu salah satu rumah di dekat lokasi kejadian dan menghentikan sebuah mobil.

Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan berita kematian polisi ini sangat menyakitkan. "Kehilangan seorang petugas polisi tidak hanya kehilangan seseorang yang bekerja untuk kami semua, tapi juga kehilangan anggota keluarga, seseorang yang dicintai dan seorang teman," kata Ardern dalam pernyataannya.

Menteri Kepolisian Selandia Baru Stuart Nash mengatakan petugas yang gugur 'adalah seorang yang mendedikasikan karirnya menjaga masyarakat tetap aman'. Terakhir kali ada polisi Selandia Baru yang gugur dalam bertugas adalah 11 tahun yang lalu.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement