Senin 08 Jun 2020 15:28 WIB

Soal Manajerial, Giggs Puji Van Gaal

Bagi Giggs, Van Gaal merupakan sosok penting dalam kariernya sebagai manajer.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Louis Van Gaal (tengah) bersama Ryan Giggs (kanan) saat menukangi Manchester United.
Foto: REUTERS/Phil Noble
Louis Van Gaal (tengah) bersama Ryan Giggs (kanan) saat menukangi Manchester United.

REPUBLIKA.CO.ID, WALES -- Pelatih timnas Wales, Ryan Giggs melemparkan pujian kepada eks pelatih Manchester United (MU) Louis van Gaal. Bagi Giggs, Van Gaal merupakan sosok penting dalam kariernya sebagai manajer.

"Jelas saya memiliki manajer internasional yang berbeda, tetapi itu hanya waktu yang singkat. Itulah sebabnya saya berbicara tentang Van Gaal, mengenai pembinaan saya, karena saya sebenarnya dua tahun menjadi asistennya," kata Giggs dilansir Mirror, Senin (8/6).

Baca Juga

Meski namanya mencuat dibawah kepelatihan Sir Alex Ferguson, namun Giggs mengeklaim banyak menimba ilmu manajerial dari pelatih Louis van Gaal. Menurut dia, berbeda situasinya dengan Ferguson, karena ketika itu ia berstatus pemain. Ia tak punya informasi menyeluruh mengenai segala keputusan manajerial Ferguson.

Sementara, Van Gaal disebutnya memiliki pengaruh besar dalam kiprah Giggs selama menjadi juru taktik. "Itu lebih seperti ke manajemen pemain dan hal berbeda yang dilakukan Ferguson ketika saya memulai sebagai pemain. Sedangkan, Van Gaal memberikan saya sistem yang berbeda saat menjadi asisten pelatih," kata Giggs.

Sebelum Van Gaal menukangi the Red Devils, Giggs sempat menjadi pelatih sementara MU pada 2014 silam. Ia hanya memenangkan dua laga dalam periode singkatnya sebagai juru racik MU, sebelum akhirnya menjabat sebagai asisten Van Gaal pada 2014 hingga 2016.

"Itu pengalaman yang brilian. Saya masih menjalani kegiatan untuk mengambil lisensi pro saya, tetapi sebenarnya berada di pekerjaan itu, harus membuat keputusan. Semua tekanan yang Anda tempatkan sendiri, Anda tidak dapat mempersiapkan diri untuk itu," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement