Rabu 27 May 2020 13:12 WIB

Menyuguhkan Minuman ke Orang di Sebelah Kanan Lebih Utama

Nabi Muhammad mencontohkan menyuguhkan minuman ke arah kanan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Menyuguhkan Minuman ke Orang di Sebelah Kanan Lebih Utama. Ilustrasi Minuman Dingin
Foto: Pixabay
Menyuguhkan Minuman ke Orang di Sebelah Kanan Lebih Utama. Ilustrasi Minuman Dingin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernahkah Anda menyuguhkan minuman pada orang-orang yang berkumpul? Pada orang di sebelah mana biasanya Anda memberikan minuman terlebih dulu?

Rasulullah memberikan contoh pada umatnya tentang bagaimana caranya menyuguhkan minuman kepada orang yang sedang berkumpul. Ketika Rasulullah berada di rumah sahabat Anas bin Malik, Rasulullah disiapkan susu hasil perasan kambing peliharaan Anas bin Malik.

Baca Juga

Susu itu kemudian dicampur air sumur yang ada di rumah Anas. Lalu susu itu pun disuguhkan kepada Rasulullah. Rasulullah pun meminumnya, sementara di samping kiri Rasulullah ada sahabat Abu Bakar dan di samping kanan Rasulullah ada seorang Arab Baduy. 

Melihat hal itu, sahabat Umar bin Khattab merasa khawatir bila gelas susu yang sudah diminum Rasulullah diberikan kepada Baduy bukan kepada sahabat Abu Bakar. Sebab itu Umar pun meminta Rasulullah memberikan gelas susu itu kepada Abu Bakar.  

Namun demikian, Rasulullah ternyata memberikan gelas susu itu kepada Arab Baduy yang berada di sebelah kanannya sambil berkata "Hendaknya minuman diperuntukkan ke sebelah kanan dan ke kanan seterusnya."

Keterangan ini dapat ditemukan dalam hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari dalam sahih Bukhari dalam Fathul Bari nomor 2352. Hadits tersebut sahih dengan jalur hadits dari Al Hakam bin Nafi atau Abu Al Yaman dari Syuaib bin Abi Hamzah Dinar dari Muhammad bin Muslim dari Anas bin Malik. Dari keterangan itu dapat disimpulkan menyuguhkan minuman pada orang yang berada di sebelah kanan lebih utama. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement