Ahad 24 May 2020 23:36 WIB

'Sesama Muslim Saling Merendah, bukan Merendahkan'

Islam menganjurkan umatnya agar saling rendah hati

Umat Islam (ilustrasi)
Foto: Muhammad Hafil/Republika
Umat Islam (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasulullah saw diutus oleh Allah SWT ke muka bumi ini sebagai rahmat atau kasih sayang Allah kepada seluruh alam. Beliau adalah contoh manusia sempurna yang layak menjadi teladan bagi seluruh umat manusia.

Tentu saja, kehadiran beliau sebagai utusan Allah SWT kepada umat manusia adalah tidak sekadar sebagai pribadi Muhammad saw, melainkan sebagai rasul pembawa risalah Islam yang penerapannya adalah pasti mewujudkan rahmat bagi seluruh umat manusia, bahkan seluruh alam.

Baca Juga

Salah satu di antara syariat pembawa rahmat itu adalah ajaran tentang sifat rahmat atau kasih sayang itu sendiri yang merupakan bagian dari akhlak yang baik menurut syariat Islam.

Syariat memotivasi dan memerintahkan kita umat Islam untuk memiliki akhlak itu. Bahkan syariah Islam memberikan berbagai gambaran tentang rahmat atau kasih sayang itu dalam berbagai bentuk.

Di dalam sahih Al-Bukhari diriwayatkan dari Nukman bin Basyir yang mengatakan bahwa Rasulullah saw bersabda, ''Engkau lihat orang-orang Mukmin di dalam saling kasih sayang, hubungan yang hangat, dan merasakan, di antara mereka, seperti tubuh. Jika salah satu anggota tubuh mengeluh, maka seluruh tubuh itu akan merasakan demam dan tidak bisa tidur.''

Wajarlah sesama Muslim saling hormat dan saling merendah, bukan saling merendahkan dan menghinakan. Lebih dari itu, mereka saling menyayangi dan bergaul dengan penuh kehangatan dan kekompakan.

Ini sesuai dengan firman Allah: "Berendah dirilah kamu terhadap orang-orang yang beriman.'' (QS Al-Hijr: 88).

sumber : Hikmah Republika oleh Kusrini Ambarwati
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement