Sabtu 23 May 2020 09:08 WIB

Reaksi Umar Bin Khattab Saat Terima Harta Karun Para Kaisar

Harta para kaisar di negeri-negeri yang dibebaskan diserahkan ke Umar bin Khattab.

Reaksi Umar bin Khattab Saat Terima Harta Karun Para Kaisar. Foto: Sahabat Nabi (Ilustrasi)
Foto: Dok Republika.co.id
Reaksi Umar bin Khattab Saat Terima Harta Karun Para Kaisar. Foto: Sahabat Nabi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Pada masa Umar bin Khattab menjadi khalifah, kekuasaaan para pemimpin dan penguasa negeri di seantero dunia jatuh beruntun. Semua negeri penguasa dan kuat itu adalah negeri-negeri kafir.

Mereka adalah penguasa yang paling disegani dan ditakuti. Penakluk itu adalah kaisar dan raja. Setelah runtuhnya berbagai kekaisaran dan imperium itu, segala macam harta karun dan benda-bendar berharga milik para kaisar dan raja-raja dievakuasi ke Kota Madinah.

Baca Juga

Setelah selesai perang terbesar di al-Qadisiyah, an-Nahrawan, dan lainnya, semua mahkota, gelang-gelang, dan berbagai perhiasan lainnya diserahkan kepada Khalifah Umar bin Khattab. Umar berkata, "Sesungguhnya kaum negeri itu menyerahkan ini untuk diamankan oleh orang-orang yang mampu menjaga amanah."

Waktu itu para sahabatnya menyaksikan, di antaranya Ali bin Abi Thalib. Ali lalu berkata, "Wahai Amirul Mukminin! Engkaulah orang yang dipercaya Allah. Mereka menyerahkan ini kepadamu karena engkau orang yang paling tepat sebagaimana Allah memberimu amanah. Seandainya mereka ingin berfoya-foya dengan harta benda ini, pastilah mereka sudah menikmatinya."

sumber : Sang Legenda Umar bin Khattab / Yahya bin Yazid Al Hukmi Al Faifi
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement