Ahad 24 May 2020 16:05 WIB

Enam Kudapan Sebelum Tidur Rekomendasi Pakar Diet

Kudapan ini membantu tetap kenyang sepanjang malam.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Beberapa kudapan ini membantu tetap kenyang sepanjang malam (Foto: ilustrasi tidur)
Foto: www.freepik.com
Beberapa kudapan ini membantu tetap kenyang sepanjang malam (Foto: ilustrasi tidur)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah menyantap makan malam yang lezat tidak menjamin perut tetap kenyang hingga menjelang waktu tidur. Jika lapar melanda saat akan terlelap, pilih kudapan yang tepat agar tidak berdampak pada kualitas tidur.

"Ketika ingin makan jelang tidur, saya memprioritaskan camilan yang mengandung protein, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat," kata ahli diet berlisensi, Melissa Rifkin, dikutip dari laman Well and Good, Selasa (24/5).

Baca Juga

Kombinasi tiga komponen tersebut membantu tetap kenyang sepanjang malam, serta memasok nutrisi yang memperbaiki kualitas tidur. Ada sejumlah makanan yang bisa menjadi bahan untuk deretan resep lezat.

Pisang

Pisang kaya vitamin B6, yang mengubah asam amino triptofan menjadi serotonin sehingga bisa tidur nyenyak. Pisang bisa disantap bersama keju, atau diolah menjadi roti pisang bebas gluten serta pisang bakar kayu manis.

Selai kacang

Sama seperti pisang, selai kacang kaya triptofan, selain mengandung protein dan lemak sehat. Oleskan selai kacang pada roti gandum atau ubi, bisa juga membuat roti panggang dengan isian selai kacang dan tambahan buah berry.

photo
Selai kacang - (Pixabay)

Yogurt

Alasan yogurt tepat disantap sebelum tidur tentu karena protein, lemak sehat, dan triptofan. Sebaiknya tidak menambahkan gula pada yogurt. Jika ingin rasa manis dan asin, pilih topping pretzel, kacang, dan cokelat di atasnya.

Buah ceri

Buah ceri yang biasa ada di puncak kue tar ini banyak mengandung melatonin, vitamin B2, protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks. Ceri bisa dijadikan smoothie atau diolah menjadi camilan dark chocolate cherry bites.

Kiwi

Buah asam manis ini punya kandungan serotonin tinggi. Jika bosan memakan buahnya saja, coba buat "frozen kiwi pop". Tancapkan stik pada irisan kiwi, celupkan ke cokelat hitam cair, taburi dengan butiran kacang pistachios, lalu bekukan.

Susu

Susu hangat tak pernah gagal membantu tidur nyenyak. Selain susu sapi, coba juga susu almond yang kaya magnesium, moon milk (susu dengan kapulaga, ceri, atau ginseng), serta golden milk (campuran susu, kunyit, jahe, dan kayu manis).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement