Sabtu 09 May 2020 20:49 WIB

Agar Rumah Kita Terang Bak Bintang di Langit

Rasulullah SAW mengibaratkan rumah yang di dalamnya Alquran dibaca bak bintang terang

Rasulullah SAW mengibaratkan rumah yang di dalamnya Alquran dibaca bak bintang terang (ilustrasi)
Foto: Republika
Rasulullah SAW mengibaratkan rumah yang di dalamnya Alquran dibaca bak bintang terang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di antara pemandangan yang menenteramkan hati ialah bintang-gemintang di langit malam yang cerah. Rasulullah Muhammad SAW menjadikan penampakan indah sebagai perumpamaan bagi hamba-hamba Allah yang dekat dengan Alquran.

Beliau mengibaratkan, rumah-rumah Mukminin yang di dalamnya Alquran dibacakan akan seterang bintang-gemintang. Yang menyaksikan mereka adalah malaikat penghuni langit.

Baca Juga

"Sesungguhnya, rumah yang dibacakan di dalamnya Alquran, maka rumah tersebut akan terlihat oleh para penduduk langit sebagaimana terlihatnya bintang-bintang oleh penduduk bumi" (HR Ahmad).

Membaca Alquran tak hanya menerangi hati seorang Muslim, tetapi juga diri dan keluarganya. Keadaan rumah yang selalu menjadi tempat tadarus Alquran akan berbeda dengan yang sepi dari bacaan ayat-ayat suci. Yang pertama itu akan hidup, sedangkan yang lain seumpama kuburan.

Seperti diriwayatkan dari Abu Musa radhiyallohu ‘anhu, Nabi SAW bersabda, "Perumpamaan rumah yang disebut nama Allah di dalamnya dan rumah yang tidak disebut nama Allah di dalamnya, ialah seperti perumpamaan orang hidup dan mati" (HR Bukhari).

Bahkan, Rasulullah SAW memberikan penegasan. Beliau menasihati, "Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian pekuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan di dalamnya surah al-Baqarah" (HR Muslim).

Nuzulul Quran kali ini hendaknya kita jadikan sebagai momentum untuk membaca Alquran. Terangilah rumah dengan mengaji Kitabullah. Insya Allah, rumah kita akan tampak bersinar cerah di mata para malaikat dan penduduk Langit, sebagaimana bintang-gemintang indah yang kita lihat pada malam hari!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement