Jumat 08 May 2020 04:45 WIB

Menyimpan Susu Agar Lebih Tahan Lama

Susu bisa dibekukan dengan disimpan dalam freezer agar tahan lebih lama.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Susu bisa dibekukan dengan disimpan dalam freezer agar tahan lebih lama (Foto: ilustrasi susu)
Foto: Pixabay
Susu bisa dibekukan dengan disimpan dalam freezer agar tahan lebih lama (Foto: ilustrasi susu)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak karantina mandiri dimulai, sebagian besar dari kita cukup sulit pergi ke toko bahan makanan sesering biasanya. Salah satu masalah yang muncul adalah tidak bisa menyetok susu cair karena masa ketahanan produk yang singkat.

Kabar baiknya, mengutip dari laman Woman's World, Jumat (8/5), susu bisa dibekukan dan disimpan untuk konsumsi nanti. Cara ini tidak cuma berlaku untuk susu sapi, tapi juga produk susu kedelai dan susu almond. Namun, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan.

Baca Juga

Sebelum membekukan susu, periksa tanggal kedaluwarsa pada kemasan. Melakukan proses pembekuan sebaiknya sebelum mencapai tanggal tersebut. Langkah lain adalah memilih wadah berbahan plastik untuk tempat membekukan susu.

Karena susu mengembang dalam suhu beku, proses pembekuan tidak akan bisa berhasil di kemasan karton maupun tempat berbahan kaca. Tuangkan susu dari kemasan karton ke wadah plastik yang aman digunakan. Pastikan ada sisa ruang dan tidak mengisi hingga penuh.

Susu memiliki sifat mudah menyerap aroma di sekeliling. Jika ingin membekukan susu cair di freezer, pastikan tidak ada bahan makanan dengan aroma menyengat seperti daging dan ikan di dekatnya karena akan membuat susu berbau tidak enak.

Tekstur susu akan berubah setelah dibekukan karena ada proses pemisahan lemak. Susu murni akan sedikit terpisah, tetapi masih membeku dengan baik. Susu rendah lemak dengan kadar satu atau dua persen cenderung membeku lebih baik.

Jika terganggu dengan pemisahan tersebut, blender susu beku saat akan dikonsumsi dan teksturnya akan kembali seperti sedia kala. Sementara, susu almond dan susu kedelai sebaiknya dibekukan apabila ingin menjadi campuran olahan menu lain.

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), susu yang dibekukan masih aman disimpan hingga tiga bulan, jauh lebih lama dari umur simpan dalam bentuk cair. Agar tetap aman dikonsumsi, cara mencairkannya pun tidak sembarangan.

Ketika akan mencairkan susu, keluarkan dari freezer dan letakkan di kulkas semalaman. Cara lain, letakkan wadah susu di mangkuk berisi air dingin. Waktu konsumsi maksimal adalah tiga hari setelah pencairan kembali dan susu tidak boleh dibekukan ulang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement