Rabu 06 May 2020 11:39 WIB

Jokowi Targetkan Kasus Covid-19 Masuk Level 'Ringan' di Juli

Jokowi menargetkan kurva penambahan kasus positif Covid-19 bisa terus turun pada Mei.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Esthi Maharani
Presiden RI Joko Widodo
Foto: Biro Pers dan Media Sekretariat Kepresidenan
Presiden RI Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan targetnya terkait penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Pemerintah, menurut Jokowi, menargetkan kurva penambahan kasus positif Covid-19 bisa terus turun pada Mei ini. Kemudian, pada Juni nanti, dia menambahkan, penambahan kasus masuk dalam level sedang.

 

"Target kita di Mei ini harus betul-betul tercapai, sesuai dengan target yang kita berikan, yaitu kurvanya sudah harus turun dan masuk posisi sedang di Juni, di Juli harus masuk posisi ringan, dengan cara apa pun," kata Jokowi dalam pembukaan rapat terbatas di Istana Merdeka, Rabu (6/5).

Presiden pun mengingatkan bahwa upaya pencegahan penyebaran infeksi virus corona ini bukan tanggung jawab gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 semata, melainkan semua pihak. Jokowi meminta keterlibatan jajaran pemerintahan termasuk menteri dan kepala lembaga, organisasi sosial kemasyarakatan, sukarelawan, partai politik, hingga pihak swasta dalam penanganan pandemi ini.

"Fokus kerja yang utama saat ini tetap pada mengendalikan Covid-19 secepat-cepatnya. Menurunkan secepatnya. Saya melihat negara yang akan menjadi pemenang adalah negara yang berhasil mengatasi Covid-19," kata dia.

Presiden yakin penyebaran Covid-19 dan penanganannya bisa lebih cepat rampung bila seluruh pihak benar-benar menjalankan protokol kesehatan demi mencegah penularan.

Hingga Selasa (5/5) kemarin, terjadi penambahan pasien terkonfirmasi positif sebanyak 484 orang dalam 24 jam terakhir. Angka ini merupakan penambahan terbanyak sejak kasus positif Covid-19 di Indonesia diumumkan pertama kali pada awal Maret lalu. Artinya sampai saat ini jumlah kasus positif Covid-19 di Tanah Air sebanyak 12.071 orang.

Selain itu, jumlah pasien sembuh juga bertambah 243 orang dalam satu hari terakhir sehingga total pasien sembuh dari Covid-19 sebanyak 2.197 orang. Pasien dinyatakan sembuh setelah dua kali negatif Covid-19 melalui dua pemeriksaan PCR secara berurutan.

Sementara itu, jumlah pasien Covid-19 yang meninggal dunia juga bertambah sebanyak 8 orang sejak Senin (4/5) sampai Selasa (5/5) ini. Sampai saat ini, jumlah pasien Covid-19 yang meninggal dunia sebanyak 872 orang. Rasio kematian terhadap jumlah keseluruhan kasus positif Covid-19 di Indonesia sebesar 7,22 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement