Tips Pakar Hindari Cedera Saat Isolasi Diri Selama Ramadhan

Rep: zainur mahsir ramadhan/ Red: Ani Nursalikah

Senin 04 May 2020 15:15 WIB

Tips Pakar Hindari Cedera Saat Isolasi Diri Selama Ramadhan. Foto: ANTARA/FB Anggoro Tips Pakar Hindari Cedera Saat Isolasi Diri Selama Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Program Pencegahan Cedera The Hamad (HIPP) dari Qatar, Rafael Consunji, menyarankan beberapa langkah pencegahan cedera saat melakukan isolasi diri di rumah selama Ramadhan 1441 H. Menurut dia, kiat-kiat terkait hal itu dinilai menjadi langkah solutif, utamanya, bagi setiap keluarga yang memiliki anak kecil. 

Dia mengatakan, orang tua memiliki peran ekstra memastikan semua keamanan bagi anggota keluarga di rumah. "Untuk keluarga dengan anak kecil, kami meminta orang tua mengupayakan dan memastikan ruangan dan lantainya bebas dari gangguan agar anak-anak tidak mudah jatuh," katanya seperti dilansir Gulf Times, Senin (4/5).

Baca Juga

Selain itu, menurut dia, segala obat-obatan yang memiliki efek samping, terutama yang tak disarankan bagi anak-anak, akan lebih baik jika dikunci di lemari bagian atas. Hal yang tak kalah penting untuk mencegah hal tak diinginkan ketika isolasi adalah menjaga setiap masakan dengan berbagai suhu bebas dari gangguan.

“Kami juga menyarankan Anda menjaga dapur Anda bebas dari anak-anak," kata dia.

Menurut dia, hal tersebut juga berlaku bagi setiap jenis cairan panas lainnya. Menutup makanan dengan wadah khusus menjadi keharusan. 

Consunji yang merupakan direktur di HIPP dan merupakan kepanjangan tangan dari Hamad Trauma Center (HMC) Qatar itu juga mengatakan, para orang tua harus memastikan keamanan anak-anak saat bergerak, termasuk ketika hendak menuju meja makan.