Ahad 03 May 2020 13:24 WIB

Miliarder AS Lepas Seluruh Saham di 4 Maskapai Akibat Corona

Penerbangan di AS turun drastis hingga 95 persen akibat pandemi corona.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett.
Foto: AP Photo/Nati Harnik
CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Miliarder Amerika Serikat (AS) Warren Buffett menjual seluruh sahamnya yang ada di empat maskapai terbesar di AS. Buffet lewat perusahaannya, Berkshire Hathaway, memiliki 11 persen saham di Delta Airlines, 10 persen saham di American Airlines Co, 10 persen saham di Southwest Airlines Co, dan 9 persen saham di United Airlines.

Buffet yang berinvestasi di sektor penerbangan sejak 2016 menyebut wajah industri penerbangan mengalamai perubahan akibat pandemi Covid-19. "Kami membuat keputusan itu dalam hal bisnis penerbangan. Kami mengeluarkan uang, bahkan dengan kerugian besar. Kami tidak akan mendanai perusahaan di mana kami pikir itu akan menghasilkan uang di masa depan," ujar Buffet dilansir Reuters, Ahad (3/5).

Baca Juga

Buffet menyebut maskapai penerbangan sangat terpukul akibat pandemi Covid-19. Ia menyebut jumlah penerbangan di AS turun drastis hingga 95 persen. Hal ini, kata Buffet, diperparah dengan tidak ada kepastian bagi Industri penerbangan untuk kembali menjalankan bisnis secara normal. 

"Tidak ada jadwal yang jelas bagi penumpang untuk kembali ke penerbangan seperti sebelum krisis. Industri penerbangan berubah dengan cepat," ucap Buffet.

Delta Airlines menghormati keputusan Buffet dan tetap optimistis perusahaan mampu tetap bertahan menghadapi kondisi ketidakpastian seperti saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement