11 Cara Memanfaatkan Waktu Selama Ramadhan di Rumah

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil

Rabu 29 Apr 2020 10:25 WIB

11 Cara Memanfaatkan Waktu Selama Ramadhan di Rumah Foto: WallpaperAcces 11 Cara Memanfaatkan Waktu Selama Ramadhan di Rumah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kegiatan yang biasanya dilakukan selama di rumah untuk menghindari infeksi Covid-19 adalah memasak dan makan. Namun, orang yang berpuasa tidak akan memiliki banyak waktu untuk makan.

Untuk itu, agar Anda tetap aktif dan bergerak, berikut beberapa kegiatan yang mungkin bisa menjadi referensi, dilansir dari laman Nowthistime, Rabu (29/4).

Baca Juga

Olahraga ringan

Jika telah duduk untuk waktu yang lama, Anda dapat berjalan-jalan, joging ringan, atau mencoba kardio intensitas rendah. Kegiatan tersebut dapat dilakukan setelah makan sahur atau sebelum berbuka puasa. Sementara itu, berolahraga pada pertengahan hari tanpa makanan akan menyulitkan tubuh Anda.

Berkebun

Anda juga bisa menumbuhkan kembali makanan dari sisa-sisa dapur. Selada, seledri, dan daun bawang dapat ditumbuhkan kembali dalam cangkir atau toples berisi air dengan sisa basa dan akar. Wortel, bit, dan bawang bombai dapat ditempatkan di wadah dengan air sebelum dipindahkan ke tanah.

Bermain dengan keluarga

Anda bisa mengambil kembali permainan yang telah lama disimpan untuk membuat Anda sibuk bermian dengan keluarga. Jika sendirian, mainkan permainan secara virtual yang meangajak pemain lain, seperti permainan puzzle atau mengunduh Words With Firends.

Menciptakan keahlian baru

Bermain juggling? Origami? Atau membuat sketsa? Mungkin ada tutorial di Youtube untuk hal tersebut. Cobalah sesuatu yang menyenangkan dan kembangkan kreativitas Anda.

Melupakan kehidupan dunia

Anda dapat sejenak melupakan kehidupan dunia dengan cara yang paling baik dan disarankan oleh agama Islam, yakni membaca Alquran.

Berkumpul secara virtual

Pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di beberapa daerah akan menghalangi Anda untuk berkumpul, baik untuk sholat berjamaah maupun buka puasa bersama. Anda bisa mengajak saudara, tetangga rumah, atau teman jauh untuk bergabung dalam obrolan video secara daring.

Menata rumah

Biasanya menjelang Idul Fitri, keluarga akan sibuk untuk membersihkan seluruh isi rumah. Namun, kegiatan tersebut bisa Anda mulai dari sekarang.

Manfaatkan sesi spiritual

Saat ini ada banyak kajian online yang dapat Anda ikuti dari beragam sarana. Ikutilah beberapa kajian agar dapat tetap mendapatkan ilmu baru terkait agama.

Beristirahat

Jika Anda tetap bekerja dari rumah, pastikan Anda senantiasa mengambil jeda dengan istirahat selama 15 menit setelah melakukan rapat daring.

Buka puasa bersama

Ya, masih dengan memanfaatkan gadget yang dimiliki, Anda dapat menggunakan telepon genggam untuk terhubung dengan keluarga besar ataupun teman dekat saat berbuka puasa.

Muhasabah 

Ramadhan kali ini merupakan salah satu momen yang tepat untuk melakukan muhasabah. Menyendiri dalam beberapa saat untuk melakukan introskpeksi diri dapat dilakukan saat Anda hanya berdiam diri di rumah.