Pisang Raja Matang, Kunci di Balik Enaknya Es Pisang Ijo

Red: Reiny Dwinanda

Senin 27 Apr 2020 16:35 WIB

Es pisang ijo bisa dibuat sendiri di rumah untuk hidangan berbuka puasa. Foto: Andi Nur Aminah/Republika Es pisang ijo bisa dibuat sendiri di rumah untuk hidangan berbuka puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Es pisang ijo belakangan semakin mudah ditemui di berbagai kota. Kudapan khas Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini menjadi kudapan primadona yang senantiasa diburu warga setempat pada bulan suci Ramadhan.

Warna hijau cerah yang membalut pisang serta kuah sirup berwarna merah segar yang dicampur serutan es menghasilkan paduan warna menarik. Membuat pisang ijo, sebenarnya tidaklah sulit, hanya butuh ketelitian dalam mencampur bahan-bahan.

Baca Juga

Menurut Ina Hamid, pengusaha kuliner khas Kota Anging Mamiri di Jakarta, untuk membuat es pisang ijo dibutuhkan pisang raja. Aromanya wangi dan rasanya manis menjadi alasannya. Begitu pula bentuknya, bagus, tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

Tidak bisakah membuat pisang ijo dengan pisang lain, misalnya, pisang kepok? Pisang kepok, menurut Ina, bentuknya terlalu besar. Dari segi cita rasa juga beda. Selain itu, daging pisang kepok terlalu empuk.

Pastikan pula pisang yang digunakan benar-benar matang. Sebab, kalau belum matang, rasanya akan sepat. Bahkan, jika perlu, pilih pisang raja yang sudah ada bintik-bintik hitam di kulitnya.

"Itu yang enak banget," kata pemilik usaha pisang ijo Inakke.

Sementara itu, Rahma, salah seorang pedagang pisang ijo di Jalan Mappanyuki, Makassar membagikan langkah membuat pisang ijo. Berikut penjelasannya.

Pelapis pisang

* Untuk membuat pelapis pisang, siapkan daun pandan dan daun suji, lalu ditumbuk, beri sedikit air, kemudian diperas.

* Campurkan air hasil perasan tersebut dengan tepung beras, santan, gula, dan garam.

* Semuanya dimasak dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga kental dan matang, lalu angkat.

Pisang ijo

* Selanjutnya, ambil selembar daun pisang, olesi permukaannya dengan sedikit minyak, taruh beberapa sendok adonan tepung, kemudian pipihkan.

* Letakkan satu buah pisang raja yang cukup tua, lapisi pisang tersebut dengan adonan tepung.

* Kukus hingga matang, angkat, dan dinginkan.

Saus putih

* Siapkan gula pasir, daun pandan, garam, santan cair, dan tepung beras.

* Campur bahan- bahan, masak, aduk hingga mengental.

Penyajian

Potong-potong pisang ijo yang sudah dikukus, sajikan dengan saus putih, es batu yang diserut, dan siraman sirup cocopandan,.