Menu Buka Puasa Khas Nusantara (3-Habis)

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Muhammad Hafil

Jumat 24 Apr 2020 16:18 WIB

Menu Buka Puasa Khas Nusantara. Foto: Pengunjung membeli bubur kampiun di kedai Minang, Kramat, Jakarta Pusat, Selasa (1/7).  (Republika/ Wihdan) Menu Buka Puasa Khas Nusantara. Foto: Pengunjung membeli bubur kampiun di kedai Minang, Kramat, Jakarta Pusat, Selasa (1/7). (Republika/ Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, Apa saja menu buka puasa khas masing-masing daerah di Indonesia? Berikut Republika.co.id paparkan beragam menu andalan masing-masing daerah di Nusantara:

8. Bubur Kampiun

Baca Juga

Makanan khas Minangkabau ini kerap hadir di menu buka puasa saat Ramadhan. Bubur bercita rasa manis ini berisi campuran bubur yang terdiri dari bubur sum sum, kolak ubi, pisang, candil, bubur delima dan ketan hitam. Tidak hanya menjadi hidangan populer orang Minangkabau, bubur kampiun juga digemari banyak orang di daerah lain di Indonesia.

9. Sate Susu

Menu buka puasa khas Bali ini kerap jadi makanan populer selama Ramadhan. Sate susu ini terbuat dari bagian susu sapi yang dibumbui dengan bumbu khas Bali. Penganan ini bisa ditemui di pasar-pasar kaget penjaja makanan buka puasa.

10. Asida

Kue berwarna coklat ini adalah kuliner khas Maluku Utara yang kerap dijumpai saat Ramadhan. Kue Asida banyak dijual di sepanjang Pantai Falajawa, kota Ternate.

 

Penganan khas ini memiliki citarasa manis seperti dodol. Asida terbuat dari tepung terigu, gula merah, mentega yang dicairkan, dan bubuk kayu manis serta kapulaga.