Jenis Minuman-Makanan yang Harus Dihindari untuk Sahur

Red: Reiny Dwinanda

Jumat 24 Apr 2020 11:28 WIB

Ketika sahur, hindari kopi dan teh yang dapat memancing berkemih. Foto: sheknows Ketika sahur, hindari kopi dan teh yang dapat memancing berkemih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada sederet makanan dan minuman yang sebaiknya tak Anda konsumsi saat sahur. Minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh, termasuk yang tidak direkomendasikan.

"Kopi sebaiknya sesudah berbuka, karena kopi ini sifatnya diuretik menyebabkan kita lebih banyak buang air kecil," kata dokter spesialis gizi dari Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah, Raissa E Djuanda dalam diskusi via daring belum lama ini.

Baca Juga

Ketika berpuasa, menurut Raissa, biasanya tubuh akan kurang cairan sehingga minuman yang memicu berkemih sebaiknya dihindari ketika sahur. Di samping itu, kopi dan teh juga termasuk minuman berkafein yang juga bisa mengarah pada insomnia dan kegelisahan.

Saat sahur, makanan mengandung karbohidrat sederhana atau olahan sebaiknya juga dihindari. Contohnya kue kering dan croissant yang mengandung tinggi gula dan tepung terigu.

"Makanan ini hanya bertahan tiga hingga empat jam saja dan rendah nutrisi," kata ahli diet klinis dari Burjeel Hospital Abu Dhabi, Rahma Ali.

Selain itu, sebaiknya hindari makanan asin. Ketidakseimbangan kadar natrium dalam tubuh bisa membuat Anda sangat haus saat berpuasa. Jadi cobalah untuk menghindari makanan seperti kacang asin dan keripik.

“Penting selama bulan Ramadhan untuk berbuka puasa dan sahur dengan diet seimbang yang memastikan kebutuhan nutrisi penting tubuh Anda terpenuhi. Ini termasuk natrium dan kalium yang hilang karena berkeringat, terutama selama musim panas," kata Ali seperti dilansir Arabian Gazette.

Makanan untuk sahur

Sebaliknya, saat sahur sebaiknya konsumsi makanan kaya protein, seperti telur, karena tidak hanya membantu untuk tetap kenyang, tetapi juga bisa divariasikan sehingga cocok dengan selera keluarga. Selain itu, makanlah hidangan kaya serat.

Serat larut berubah menjadi gel di perut dan memperlambat pencernaan. Itu akan membantu menurunkan kolesterol dan glukosa darah dan ini sempurna untuk membuat Anda tetap berenergi sepanjang berpuasa.

Terakhir, cobalah memilih makanan mengandung kalsium dan vitamin. Produk-produk susu adalah sumber nutrisi yang baik. Pilih smoothie yoghurt atau pilih vanilla dan milk shake madu agar tetap penuh dan terhidrasi sepanjang hari.