Selasa 14 Apr 2020 23:45 WIB

Stok Beras di Serang Cukup untuk Tiga Bulan

Akhir bulan ini Serang akan panen padi serentak.

Stok Beras di Serang Cukup untuk Tiga Bulan.
Foto: Antara/Saiful Bahri
Stok Beras di Serang Cukup untuk Tiga Bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kota Serang, Banten,Edinata Sukarya menyebut stok beras cukup untuktiga bulan ke depan atau hingga Juni.

"Dari luas 800 hektare sawah yang ada di Kecamatan Kasemen, akan menghasilkan sekitar 90 ribu ton beras. Belum ditambah dari Curug, Taktakan dan Walantaka, mungkin cukup sampai dua atau tiga bulan kedepan" katanya, Selasa (14/4).

Baca Juga

Dia mengatakan, meski sekarang tengah ada wabah virus corona atau Covid-19, tidak memengaruhi masa tanam atau panen padi di Kota Serang. "Tidak berpengaruh, karena program itu sudah berjalan, kalau sekarang justru tidak ada pengaruhnya ke pola tanam. Akhir bulan ini juga kita ada panen serentak," katanya.

Edinata menyebutkan, untuk sekarang ini diperkirakan ada kenaikan produksi karena dilihat dari perairannya sangat bagus untuk masa tanam padi. "Kalau biasanya kemarin itu hampir 90 ribu ton. Kalau sekarang naik soalnya perairannya lagi bagus dan sekarang mudah-mudahan bisa lebih," katanya.

Ia juga mengatakan, jika pandemi Covid-19 tidak berakhir sampai tiga bulan ke depan ini, maka dampaknya akan terasa langsung pada sektor pertanian. "Mungkin dampaknya ke depan, karena banyak buruh tani yang nanti sudah habis padinya, harus menyediakan bantuan pangan," katanya.

Untuk antisipasi, dia sudah mempersiapkan cadangan pangan jika Kota Serang kekurangan pangan. "Kami sudah menyiapkan 286 ton cadangan beras di Kota Serang," kata Edinata.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement