Kamis 02 Apr 2020 14:48 WIB

Belum Ditemukan Kasus Local Transmision Covid-19 di DIY

Sudah ada 225 orang yang diperiksa atau tes swab Covid-19.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Ilustrasi Virus Corona
Foto: MgIt03
Ilustrasi Virus Corona

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kasus positif terinfeksi virus Corona (Covid-19) di DIY per 1 April menjadi 28 kasus. Namun, seluruh kasus positif Covid-19 ini bukan merupakan local transmission atau tertular di DIY.

Dengan begitu, seluruh kasus tersebut merupakan imported case. Artinya, tertular di luar DIY. "Sejauh ini riwayat kasus menunjukkan adanya perjalanan ke luar negeri, luar kota, dan menerima tamu dari Jakarta," kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 untuk DIY, Berty Murtiningsih.

Setiap ada kontak erat dari pasien Covid-19 dengan orang lain, pihaknya terus melakukan pelacakan atau tracing. Ini dilakukan oleh seluruh dinas kesehatan baik kabupaten maupun kota di DIY terhadap kontak erat pasien Covid-19 tersebut. 

Per 1 April 2020, paparnya, sudah ada 225 orang yang diperiksa atau tes swab Covid-19. Dari total tersebut, 142 orang dirawat di beberapa rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di DIY.

Sementara, ada 65 orang yang sudah dinyatakan negatif. Sementara 28 orang positif dengan dua diantaranya sudah dinyatakan sembuh dan tiga kasus meniggal dunia.

"PDP (Pasien Dalam Pengawasan) yang masih dalam proses laboratorium ada 131 orang yang sembilan di antaranya meninggal dunia sebelum hasil laboratorium keluar," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement