Senin 30 Mar 2020 08:58 WIB

Menkeu di Jerman Bunuh Diri Cemas Atasi Krisis Akibat Corona

Menkeu negara bagian Hesse di Jerman bunuh diri khawatir dampak ekonomi corona

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Christiyaningsih
Menkeu negara bagian Hesse di Jerman bunuh diri khawatir dampak ekonomi corona. Ilustrasi.
Foto: EPA
Menkeu negara bagian Hesse di Jerman bunuh diri khawatir dampak ekonomi corona. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, FRANKFURT -- Menteri Keuangan (Menkeu) negara bagian Hesse, Thomas Schaefer, bunuh diri karena sangat khawatir mengatasi krisis ekonomi akibat pandemi virus corona. Schaefer ditemukan tewas di dekat jalur kereta api pada Sabtu.

"Kami kaget, kami tak percaya dan di atas semua itu kami sangat sedih," ujar Perdana Menteri Hesse, Volker Bouffier, dilansir Aljazirah.

Baca Juga

Kantor kejaksaan Wiesbaden mengatakan mereka yakin Schaefer mati karena bunuh diri. Polisi dan jaksa penuntut telah memeriksa sejumlah faktor termasuk pemeriksaan saksi dan pengamatan di tempat kejadian. Mereka menyimpulkan bahwa Schaefer tewas karena bunuh diri. Dia meninggalkan seorang istri dan dua anak.

Bouffier menjelaskan bahwa Schaefer adalah kepala keuangan Hesse selama 10 tahun. Dia telah bekerja siang dan malam untuk membantu perusahaan dan pekerja menangani dampak ekonomi akibat pandemi virus corona.

''Hari ini kita harus berasumsi bahwa dia sangat khawatir. Justru selama masa sulit ini kita akan membutuhkan seseorang seperti dia," kata Bouffier.

Hesse adalah rumah bagi ibu kota keuangan Jerman Frankfurt, di mana pemberi pinjaman utama seperti Deutsche Bank dan Commerzbank memiliki kantor pusat di wilayah itu. European Central Bank juga berlokasi di Frankfurt.

Schaefer telah lama disebut-sebut sebagai calon pengganti Bouffier. Schaefer adalah anggota partai CDU, yang merupakan partai Kanselir Jerman Angela Merkel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement