Jumat 27 Mar 2020 21:42 WIB

Satu Pasien ODP di Polman Meninggal Setelah Sempat Membaik

Pasien ODP di Polewali Mandar memiliki riwayat bepergian dari Malaysia.

Petugas mengangkat peti jenazah pasien suspect corona di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Kalideres, Jakarta. (ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas mengangkat peti jenazah pasien suspect corona di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Kalideres, Jakarta. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Seorang pasien yang masuk dalam kategori orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19 di Kabupaten Polewali Mandar (Polman) dilaporkan meninggal dunia. Pasien berusia 49 tahun itu dilaporkan meninggal pada Jumat (27/3), sekitar pukul 11. 30 WITA.

"Ya memang benar, seorang ODP COVID-19 di Kabupaten Polewali Mandar hari ini meninggal dunia. Klinisnya akibat gagal jantung," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar Muhammad Alif Satria, di Mamuju, Jumat malam.

Baca Juga

Selama dalam pemantauan, pasien kategori ODP tersebut lanjut Muhammad Alif sudah berangsur membaik namun tiba-tiba mengalami nyeri dada.

"Selama dalam pemantauan, kondisinya terus membaik, bahkan dia sempat melakukan video call. Tapi, tiba-tiba kemudian dia mengalami nyeri dada yang hebat hingga akhirnya meninggal dunia," terang Muhammad Alif.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, pasien ODP tersebut, pada Rabu (18/3) sempat menjalani pemeriksaan di Puskesmas Katumbangan, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar. Dari hasil pemeriksaan, pasien yang mengaku baru pulang dari Malaysia pada 15 Maret 2020 itu, diketahui memiliki riwayat penyakit jantung, sering batuk pada malam hari, sering sesak serta memiliki suhu badan 37 derajat.

Karena memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri dan suhu tubuh yang cukup tinggi, pihak puskemas kemudian pada Kamis (19/3), melakukan pemantauan dan isolasi di rumah selama 14 hari. Dari pemantauan tersebut, kondisi pasien dilaporkan terus membaik, namun masih mengalami keluhan batuk dan sesak napas hingga akhirnya dilaporkan meninggal dunia pada Jumat siang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement