Rabu 25 Mar 2020 19:05 WIB
Corona

Cegah Corona, Muhaimin Ajak Kader PKB Terapkan Nyepi

Muhaimin Ajak Kader PKB Terapkan Nyepi

Muhaimin Iskandar
Foto: DPP PKB
Muhaimin Iskandar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi bagi seluruh umat Hindu yang merayakannya. Muhaimin pun menganjurkan seluruh masyarakat Indonesia, khususnya kader PKB ikut melaksanakan aktivitas Nyepi yang penuh makna. Yakni melakukan catur brata di tengah hiruk-pikuk kehidupan dunia yang sedang berduka atas wabah Virus Corona (Covid-19).

"Hari Raya Nyepi dengan Catur Brata menjadi momen spiritual, rohani dan jasmani, ketika kita semua penuduk bumi dihantui wabah Virus Corona," ujar Muhaimin dalam rilisnya yang dikirim ke Republika.co.id, di Jakarta, Rabu (25/3).

Muhaimin yang juga Wakil Ketua DPR RI menjelaskan Catur Brata meliputi amati geni (tiada berapi-api/tidak menggunakan dan atau menghidupkan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan).

Dengan melaksanakan Hari Raya Nyepi, jelas Muhaimin, semua masyarakat Indonesia menjalankan arahan pemerintah dan WHO untuk melakukan isolasi diri, jaga jarak, dan mencintai lingkungan dan bumi.

"PKB mengajak seluruh masyarakat Indonesia ikut Nyepi. Isolasi diri, jaga jarak, mari kita sama-sama berupaya memutus mata rantai penyebaran Pandemi Covid-19 ini," jelasnya.

Ia juga menyebut Nyepi sangat bermanfaat dalam menjaga alam semesta. Tak ada hiruk-pikuk kehidupan yang membawa polusi udara, kebisingan, serta berbagai aktivitas yang melelahkan.

"Dengan Nyepi, kita melakukan refleksi diri, melakukan jeda, atau dalam bahasa digital semacam restart. Agar selanjutnya kehidupan ini menjadi lebih baik," ungkapnya.

Berkurangnya aktivitas saat perayaan Nyepi, kata Muhaimin, sangatlah bermanfaat dan sejalan dengan anjuran pemerintah yang sedang gencar melakukan kampanye melawan wabah virus Corona.

"Ayo kita Nyepi, dan selamat merayakan Hari Nyepi bagi umat Hindu," tuntas Gus Muhaimin, Ketua Umum DPP PKB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement