Selasa 24 Mar 2020 08:04 WIB

Hasil Uji Lab Covid-19 di DIY Terkendala Komponen Primer

DIY sudah mampu melakukan uji lab covid-19 tanpa mengirim ke Litbangkes Kemenkes

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
laboratorium untuk pemeriksaan sampel Covid-19 ini sudah bisa dilakukan di DIY yakni di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) DIY
Foto: AP Photo/John Minchillo
laboratorium untuk pemeriksaan sampel Covid-19 ini sudah bisa dilakukan di DIY yakni di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) DIY

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Hasil pemeriksaan laboratorium dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus Corona (Covid-19) yang meninggal di DIY masih belum keluar. Lamanya hasil uji laboratorium ini keluar terkendala kurangnya komponen primer yang digunakan untuk tes Covid-19.

Padahal, laboratorium untuk pemeriksaan sampel Covid-19 ini sudah bisa dilakukan di DIY yakni di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) DIY. Sehingga, tidak perlu untuk menunggu lama dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan.

"Memang beberapa hari yang lalu lab yang di Yogyakarta, BBTKLPP mengalami kekurangan primer. Sehingga menunggu kiriman dari pemerintah pusat," kata Juru Bicara untuk Penanganan Covid-19 di DIY, Berty Murtiningsih kepada wartawan, Senin (23/3).

Keluarnya hasil tes Covid-19 ini membutuhkan waktu sejak sampel dikirim ke laboratorium. Walaupun begitu, Berty menyebut pada 23 Maret ini BBTKLPP DIY sudah mendapat kiriman komponen primer yang digunakan untuk tes Covid-19.

"Hasil tes keluar dua sampai tiga hari. Hari ini primer telah tersedia di BBTKLPP Yogyakarta," ujarnya. 

Seperti diketahui, dua PDP ini meninggal sebelum hasil resmi dinyatakan positif atau tidaknya keluar. Bahkan sudah meninggal dunia sejak beberapa hari lalu.

Kedua pasien tersebut berjenis kelamin laki-laki. Satunya berusia 69 tahun yang meninggal di RS Bethesda pada 21 Maret dan satunya berusia 70 tahun yang meninggal di RSUD Panembahan Senopati, Bantul pada 18 Maret lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement