Senin 23 Mar 2020 10:10 WIB

Senator AS dari Partai Republik Positif Virus Corona

Rand Paul dari Partai Republik jadi senator AS pertama yang positif virus corona.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Senat Amerika Serikat (AS)(EPA)
Foto: EPA
Senat Amerika Serikat (AS)(EPA)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Senator wilayah Kentucky dari Partai Republik Rand Paul menjadi senator Amerika Serikat (AS) pertama yang dites positif terkena virus korona. Para senator lain memutuskan untuk mengkarantina diri setelah mendengar kabar tersebut.

Sebuah pernyataan dari kantor Paul yang diposting di akun Twitternya pada Ahad (23/3) waktu setempat mengatakan dia merasa baik-baik saja dan melakukan uji Covid-19. Kini Paul mengkarantina diri setelah hasil tes positif corona. Dia terdeteksi Covid-19 tanpa gejala apapun.

Baca Juga

Sejumlah senator dan asistennya marah pada Paul karena tidak mengkarantina diri lebih awal sehingga berpotensi menularkan pada senator lain. Paul diketahui menghadiri acara sosial di Louisville, Kentucky, dua minggu lalu di mana beberapa peserta kemudian dinyatakan positif, termasuk istri Wali Kota Louisville Greg Fischer. Pemimpin Mayoritas Senat, Mitch McConnell mengatakan kepada sesama senator bahwa Paul diuji karena dia berada di acara itu.
 
Setelah mengetahui beritanya, senator daerah perwakilan Utah Mike Lee dan Mitt Romney mengumumkan bahwa mereka akan mengkarantina diri sendiri. Senat Partai Republik, yang tergabung dalam makan siang tertutup bersama Paul merasa sangat gelisah ketika Paul dinyatakan positif.
 
Para senator dari Partai Republik mengatakan kepada CNN bahwa Paul berada di gym bersama rekan-rekannya Ahad pagi. Beberapa orang juga menunjukkan betapa dekatnya posisi Paul dengan orang lain selama makan siang Senat dalam beberapa hari terakhir.  
 
Senator Jerry Moran dari Kansas mengatakan dia melihat Paul di kolam renang Senat. "Ini situasi yang berbeda sekarang," kata seorang senator Partai Republik kepada CNN.
 
Anggota Senat John Thune dari South Dakota mengatakan di Senat bahwa para senator akan mencari penasihat medis. "Kami akan berkonsultasi dengan dokter yang hadir di sini di Capitol tentang langkah-langkah yang tepat bagi kita yang telah melakukan kontak dengan senator, tapi ini adalah situasi yang dihadapi orang Amerika di seluruh negeri saat ini dan menggarisbawahi pentingnya bertindak segera untuk memberikan lebih banyak bantuan bagi rakyat Amerika," kata Thune dikutip CNN, Senin.
 
Romney yang berbicara sebelum keputusannya untuk karantina mandiri menyatakan keprihatinan serupa. "Semua senator akan mencari saran medis mengenai tindakan apa yang harus kita ambil untuk memastikan bahwa kita tidak menyebarkan virus ini dengan cara apa pun," kata Romney kepada wartawan. 
 
"Kami makan siang bersama Rand, dan berharap dia baik-baik saja, tetapi kita harus menentukan apakah ada di antara kita yang harus melakukan karantina sendiri karena berada di ruangan yang sama," ujarnya menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement