Jumat 20 Mar 2020 11:41 WIB

Gubernur Apresiasi Pencegehan Corona di Mako Lanal Babel

Beberapa SOP ketat diterapkan di mako tanpa terkecuali

Gubernur Erzaldi Rosman sampaikan apresiasi kepada Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Kep. Bangka Belitung (Babel) atas gerakan pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang dilakukan sesuai dengan SOP.
Foto: istimewa
Gubernur Erzaldi Rosman sampaikan apresiasi kepada Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Kep. Bangka Belitung (Babel) atas gerakan pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang dilakukan sesuai dengan SOP.

REPUBLIKA.CO.ID, BELINYU -- Gubernur Erzaldi Rosman sampaikan apresiasi kepada Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Kep. Bangka Belitung (Babel) atas gerakan pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang dilakukan sesuai dengan SOP. 

Gubernur Erzaldi Rosman bersama Kapolda Kep. Babel, bertolak dari titik pantauan di Pelabuhan Pangkal Balam menggunakan helikopter milik Polda Kep. Babel ke Kabupaten Bangka Selasa, (19/3) untuk melanjutkan pantauan di Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu. 

Usai kunjungi Pelabuhan Tanjung Gudang untuk memastikan berjalannya aksi pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19), Gubernur Erzaldi Rosman juga menyempatkan berkunjung ke Markas Komando Lanal Kep. Babel. 

Gubernur Erzaldi Rosman mengapresiasi gerakan yang dilakukan di Mako Lanal Kep. Babel ini. Sebab mulai masuk gerbang mako, SOP cek suhu tubuh dan penyemprotan sanitizer ke seluruh tubuh wajib dilakukan kepada seluruh rombongan tamu yang ikut masuk. 

 

Dalam kunjungan ini, Danlanal Dudik Kuswoyo mengajak Gubernur Erzaldi Rosman beserta Kapolda Kep. Babel untuk berkeliling mako. Diceritakannya beberapa SOP dengan ketat diterapkan di mako tanpa terkecuali, termasuk olahraga rutin dan berjemur di pagi hari. 

Selain itu, seluruh anggota mako juga secara rutin diedukasi untuk mengonsumsi makanan bergizi hingga anjuran perbanyak makan sayur dan buah-buahan. 

Lebih lanjut dikatakannya, hand sanitizer yang disemprotkan kepada tiap tamu yang masuk merupakan produk yang diproduksi sendiri anggotanya, di bawah pengawasan anggota profesi dokter di Mako Lanal Kep. Babel dengan produk yang sudah disetarakan kualitasnya dengan BPOM. 

 

Bahkan hand sanitizer ini juga dijual di koperasi mako dengan target pembeli adalah anggota mako hingga masyarakat sekitar Kecamatan Belinyu. 

Hal ini digalakkan danlanal mengingat sulitnya memperoleh hand sanitizer belakangan ini yang disebabkan kekhawatiran masyarakat terhadap wabah Virus Corona.  “Gerakan dan inisiatif memproduksi sendiri hand sanitizer yang dilakukan oleh danlanal beserta anggotanya di mako lanal ini, saya harap menjadi percontohan pihak lain untuk terus melakukan gerakan-gerakan pencegahan penyebaran Covid-19 di Babel,” kata Gubernur Erzaldi Rosman seperti dikutip laman resmi Pemprov Babel.

Tidak hanya instruksi yang terus disampaikan  Gubernur Erzaldi Rosman, dalam tiap kesempatan juga selalu diingatkan untuk terus berinovasi dalam menyikapi keterbatasan bahan baku pembuatan cairan sterilisasi, sebab masih ada solusi bahan baku dari bahan-bahan alami.

“Daun sirih juga bisa dimanfaatkan menjadi bahan baku pembuatan cairan disinfektan untuk penyemprotan di lingkungan sekitar,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement