Selasa 17 Mar 2020 11:14 WIB

Venezuela akan Karantina Seluruh Negeri

Jumlah total pasien Covid-19 di Venezuela meningkat menjadi 33.

Nicolas Maduro(EPA-EFE/Miguel Gutierrez)
Foto: EPA-EFE/Miguel Gutierrez
Nicolas Maduro(EPA-EFE/Miguel Gutierrez)

REPUBLIKA.CO.ID, CARACAS -- Venezuela akan menerapkan karantina di seluruh negeri setelah menemukan 16 kasus baru infeksi virus corona pada Senin (16/3), kata Presiden Nicolas Maduro. Maduro menambahkan bahwa jumlah total pasien Covid-19 di negara Amerika Selatan itu meningkat menjadi 33.

"Ini perlu, sangat diperlukan, ini adalah langkah tanggapan," kata Maduro dalam pidato yang ia sampaikan di televisi negara.

Baca Juga

"Krisis baru mulai."

Venezuela pada Senin (16/3) mulai memberlakukan karantina di beberapa negara bagian, yang dikatakan Maduro sukses. Namun, banyak orang di negara yang dilanda krisis ekonomi itu tetap saja keluar rumah. Mereka beralasan tidak mungkin tidak bekerja saat negara OPEC yang pernah makmur itu dilanda krisis ekonomi yang melumpuhkan.

Maduro menambahkan bahwa negaranya akan mendapat kiriman obat-obatan dari Kuba serta peralatan pelindung dan ribuan alat uji dari China. Ia mengatakan, pemerintah akan mengumumkan manfaat bagi warga, tetapi tidak memberikan keterangan terperinci soal itu.

Harga minyak yang turun drastis dalam sepekan terakhir bisa memperburuk resesi ekonomi yang sudah berjalan enam tahun di Venezuela, negara yang bergantung pada minyak. Harga anjlok itu disebabkan penurunan permintaan terkait virus corona serta perang harga antara negara produsen utama, yakni Arab Saudi dan Rusia.

Maduro mengatakan bahwa pada tingkat harga minyak saat ini, nilai satu barel minyak Venezuela berada di bawah biaya produksi. Dia mengatakan sudah melakukan pertemuan dengan perwakilan asosiasi industri sektor swasta terkemuka pada Senin (16/3).

"Kita perlu menjamin bahwa ekonomi tetap berjalan selama karantina," kata Maduro.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement