Rabu 11 Mar 2020 09:44 WIB

Ini Sejumlah Peninggalan Kesultanan Mughal di India (2)

Kesultanan Mughal pernah mewarnai sejarah India.

Satu keluarga menggelar tikar di atas ubin Masjid Jama di India untuk berbuka puasa.(thenational.ae)
Foto: thenational.ae
Satu keluarga menggelar tikar di atas ubin Masjid Jama di India untuk berbuka puasa.(thenational.ae)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Masjid Jama

Selain membangun Taj Mahal, Sultan Shah Jahan juga membangun Masjid Jama yang berada di kawasan Kota Old Delhi, tepatnya di Jalan Chandni Chowk. Inilah masjid terbesar di India. Lebar masjid mencapai 270 meter dengan panjang sekitar 80 meter. Secara keseluruhan, masjid ini mampu menampung kurang lebih 25 ribu jamaah.

Baca Juga

Masjid Jama dibangun pada 1656. Syah Jahan mengerahkan sekitar lima ribu pekerja untuk membangun masjid ini. Proses pembangunannya berlangsung selama 13 tahun. Seluruh badan masjid tersusun dari batu pasir dan marmer warna putih. Untuk melihatnya lebih dekat, setiap pengunjung terlebih dahulu harus menapaki susunan tangga yang cukup tinggi di sebelah timur, utara, atau selatan.

Tiga kubah masjid berlapis marmer putih dan bergaris-garis hitam bertengger di atap. Ujung setiap kubah dilapisi emas. 

 

Masjid Chauburji

Masjid ini terletak terletak di kawasan kota tua Shahjahanabad (Old Delhi) salah satu eks-kota tua yang terletak di New Delhi. Masjid Chauburji dulu tak hanya berfungsi sebagai tempat untuk melaksanakan ibadah bagi umat Islam pada masa Kesultanan Mughal. Masjid  ini juga sering difungsikan untuk melaksanakan kegiatan yang bernuansa Islam lainnya, seperti dakwah hingga kegiatan-kegiatan lainnya yang bertemakan tentang budaya Islam.

Masjid Chauburji merupakan salah satu masjid tua terpopuler di Kota New Delhi, bahkan merupakan destinasi pariwisata utama setelah bangunan Red Fort/Lal Qila yang juga dibangun pada masa-masa Dinasti Mughal. 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement