Selasa 10 Mar 2020 23:21 WIB

Fakta Sejarah: Peradaban Islam tak Lepas dari Musik

Sumbangsih peradaban Islam terhadap musik sangat besar.

Sumbangsih peradaban Islam terhadap musik sangat besar.  Ilustrasi Musik (pixabay)
Foto: pixabay
Sumbangsih peradaban Islam terhadap musik sangat besar. Ilustrasi Musik (pixabay)

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam hikayat klasik peninggalan masa kekhalifahan Islam, Seribu Satu Malam, tergambarkan betapa besar pengaruh musik dalam peradaban. Bagi banyak orang saat itu musik dianggap layaknya daging dan obat bagi kehidupan. Dan dari sinilah kemudian terlacak luasnya pengaruh musik peninggalan peradaban Islam yang membentang dari wilayah Samarkand hingga kawasan Samudra Atlantik.

Nama teoritis besar yang paling awal harus dicatat adalah Ibnu Misjah (704-714 M). Dia memasukan sebuah aliran musik yang diberi nama iqa (rythym, bhs Inggris). Selain itu dia berjasa besar untuk menyambung kembali peninggalan teori musik peninggalan Yunani, seperti teori skala peninggalan Phytagoras. Teori ini oleh Misjah kemudian disunting dengan elemen-elemen musik Persia dan Byzantium.

Baca Juga

Namun setelah 'dibangkitkan', teori Phytagoras itu terus mengalami perbaikan. Pembaharuan awal dilakuan Al Mausili (meninggal tahun 850 M). Teori dia terus bertahan sampai meninggalnya seniman termashur yang lain, yakni Al Isfahani, pada tahun 957 M. Setelah itu timbul skala musik baru, yakni teori Zalzalian dan Khurasian. Teori baru ini sangatlah membantu untuk mengenali kembali sistem lama dari teori musik peninggalan Yunani, seperti teori dari Aristoteles, Ptolemus, Aristemus, Euclid, serta Nimomachus.

Jejak teori itu kemudian berbekas pada karya musik Al Kindi (tahun 874 M), Al Isfahani dan Ikhwan Al-Safa (tahun 1000 M). Imbasnya, setelah paruh abad ke-10 M sistem musik Arab, Persia, dan Byzantium menjadi berbeda. Untuk selanjutnya, yakni mulai ada ke-11, ide-ide musik dari Khurasnian tercampur menjadi satu.

Bapak ilmu sosiologi, Ibnu Khaldun, ternyata juga turut memberi andil dalam pengembangan musik. Dia juga giat memberikan ide baru pada pengukuran iqa. Dia menyemangati para vokalis musik dengan mengatakan, "Pelantun lagu adalah mata air utama sajian musik."

Sumbangan dunia Islam terhadap sajian musik dapat dilacak dari pengenalan dan penyempurnaan beberapa alat musik akustik. Hal ini terdapat pada beberapa alat musik seperti drum, flute, dan penyempurnaan sistem hidrolik pada organ. Siapakah para pelakunya? Jawabnya, beberapa kreatornya ternyata para ilmuwan Islam legendaris. Peletak dasar pengobatan moderen, Al Farabi, pada tahun 950 M telah melakukan beberapa improvisasi terhadap rabbab.

Nama lain yang tak kalah penting adalah Ibnu Bagja (di barat dikenal dengan Avempace). Ia mempunyai reputasi sebagai tokoh yang memperkenalkan musik pada dunia belahan timur. Pesatnya perkembangan musik pada kurun itu juga diikuti dengan 'menjamurnya' sekolah musik. Salah satu pengajarnya yang paling terkemuka adalah Safial al Din. Bahkan, karya-karya dari sekolah musik terkenal itu sekarang masih bisa dilacak.

Selain Al Farabi, di Barat termashur pula sosok Ibnu Sina (Avicena) sebagai musikus papan atas. Ibnu Sina yang hadir lebih belakangan dibandingkan Farabi, meninggalkan karya monumental yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai Introduction to The Art of Music. Karya ini kemudian di rangkum dalam buku Division of The Science. Semua karya itu kini tersimpan rapi di British Museum.

Jasa penting yang ditinggalkan para musisi Islam adalah tentang cara penulisan notasi musik. Musisi-musisi besar yang tercatat di antaranya Ali Mas'udi (tahun 967 M), Al Isfahani dengan karya 'Meadow of Gold'  yang dianggap merupakan notasi karya musik Arab paling menarik. Karya Isfahani lainnya yang merupakan yang merupakan kumpulan notasi musik dalam 21 seri, yang di Inggris diberi nama sebagai 'The Great Song of Musik'.

Karya lain dari dia adalah tulisan tentang buku musik yang terdapat dalam empat volume. Kepiawaian inilah kemudian membuat Isfahani oleh Ibnu Khaldun dijuluki sebagai 'diwan' dari Arab. Sedangkan karya sejenis itu yang tidak boleh dilupakan adalah 'The Index of Muhammad Ibnu Ishaq al Waraq yang ditulis pada kurun waktu 994-995 M. Dan kini pun di dunia Barat masih terlacak karya-karya musik lain, 'The Unique of Neklace' dari Ibnu 'Abd Rabbihi (tahun 940 M). Kemudian, karya Yahya al Khuduj al Mursi dengan 'The Book of Song'.

Sedangkan penulis teoritisi musik Muslim lainnya diketahui Yunus al-Khatib (tahun 765 M), Ibnu Khalil (tahun 791 M) di mana teori mereka diperkenalkan hingga Spanyol oleh Ibnu Firnas (meninggal tahun 888 M). Teori inilah yang nantinya memberikan pembaruan pemikiran mengenai pengetahuan musik di Andalusia. Teoritisi musik lainnya yang tercatat adalah Ishaq Al Maushi di mana teori-terori musiknya dirangkumkan dalam 'Book of Notes and Rhytms.''

Setelah itu datanglah musisi besar lain, Al Buzani dengan karya monumental 'Compedium on Science of Rhythm'. Disusul kemudian dengan hadirnya Ensklopedi dari Ikhwan al Safa pada abad ke-10 M serta sebuah karya mencengangkan dari Muhammad al Khawarizimi yang membahas mengenai banyak teori tentang musik, 'Keys of The Science'.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement