Selasa 10 Mar 2020 19:14 WIB

Jamaah Umrah Perdana Masjid Brimingham Inggris Tertunda

Jamaah umroh perdana Masjid Birmingham tertunda berangkat Saudi.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Jamaah umroh perdana Masjid Birmingham tertunda berangkat Saudi. Suasana area tawaf yang lengang di Masjidil Haram setelah Kerajaan Arab Saudi sebagai Pelayan Dua Kota Suci menghentikan sementara ibadah umrah, Jumat (6/3). (Ganoo Essa/Reuters)
Foto: Ganoo Essa/Reuters
Jamaah umroh perdana Masjid Birmingham tertunda berangkat Saudi. Suasana area tawaf yang lengang di Masjidil Haram setelah Kerajaan Arab Saudi sebagai Pelayan Dua Kota Suci menghentikan sementara ibadah umrah, Jumat (6/3). (Ganoo Essa/Reuters)

REPUBLIKA.CO.ID, BIRMINGHAM – Sebuah masjid di Birmingham terpaksa membatalkan perjalanan umroh kelompok pertamanya ke Makkah karena pembatasan perjalanan akibat virus corona.

Dilansir di Birminghammail.co.uk, Senin (9/3) Masjid Green Lane dan Pusat Komunitas (GLMCC) di Litte Heath, Birmingham. telah bersiap untuk berangkatkan jamaah umroh Maret ini.

Baca Juga

Tetapi harus membatalkan kunjungan. Itu terjadi setelah Arab Saudi melarang pengunjung luar negeri datang ke situs-situs Islam paling suci di dunia menyusul kekhawatiran tentang penyebaran COVID-19.

Salah satu waktu terbesar untuk umroh adalah bulan puasa suci Ramadhan, yang akan dimulai pada akhir April.

"Lebih dekat ke rumah, di GLMCC, persiapan juga sedang berlangsung untuk tur umroh pertama kami. Kami sangat bersemangat untuk meluncurkan paket umroh kami dengan jumlah jamaah sebanyak 50 orang akan melakukan perjalanan dengan kami pada 4 Maret ke Arab Saudi untuk umroh," pernyataan dari GLMCC.

Namun rencana itu harus terhenti dengan tiba-tiba dan tak ada kejelasan kapan visa umroh akan kembali diterbitkan.

"Sebagai Muslim, kami dengan sabar menerima takdir Allah dan memahami bahwa rencana-Nya selalu lebih bijaksana daripada kami."

Meskipun larangan ini telah mengganggu banyak orang, tidak dapat dimungkiri bahwa itu sejalan dengan prinsip-prinsip inti Islam. Inti dari hukum Islam adalah semua kehidupan manusia adalah suci. 

Dari lima tujuan utama hukum Islam, salah satu tujuannya adalah untuk melestarikan kehidupan manusia. Baik Muslim atau non-Muslim, hak untuk hidup adalah inheren dan universal. 

Selain itu, nabi berbicara tentang wabah dan penyakit dengan sensitivitas tinggi, mengajarkan prinsip karantina. 

"Jika Anda mendengar wabah wabah di suatu negeri, jangan memasukinya, tetapi jika wabah itu pecah di tempat sementara Anda berada di dalamnya, jangan tinggalkan tempat itu. Ajaran Islam selalu mendukung pelestarian hidup, dan pilihan-pilihan yang paling sedikit merugikan," jelas dia.

Sebagai Muslim mereka percaya bahwa tidak ada yang terjadi tanpa seizin Tuhan tetapi Dia juga telah memberi pilihan dan kehendak bebas. 

Oleh karena itu Muslim dituntut untuk mencari solusi dan obat-obatan untuk menyembuhkan diri sendiri dan mencegah bahaya, tetapi pada akhirnya penyembuhan dan perlindungan ini adalah rahmat dari Allah. 

"Di GLMCC kami menyarankan jamaah kami untuk mengikuti instruksi perjalanan, kebersihan dan medis yang diberikan oleh NHS dan Organisasi Kesehatan Dunia untuk mencegah penyebaran virus corona. Kami juga mendesak mereka yang memiliki gejala virus atau penyakit virus lain untuk tetap tinggal di rumah," dan memeriksakan kepada tim medis segera. 

Sebagai Muslim, sudah sepatutnya menempatkan kepercayaan pada Allah dan mencari perlindungan dan bantuan utama melalui kenangan-Nya."

Wabah penyakit selalu menjadi perhatian di sekitar haji, yang dibutuhkan oleh semua Muslim yang sehat sekali dalam hidup mereka, terutama karena jamaah datang dari seluruh dunia.Wabah paling awal yang tercatat terjadi pada 632 ketika para peziarah memerangi malaria, sementara wabah kolera pada 1821 menewaskan sekitar 20 ribu jamaah dan wabah kolera lainnya pada 1865 menewaskan 15 ribu jamaah dan kemudian menyebar ke seluruh dunia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement