Selasa 10 Mar 2020 10:41 WIB

Gedung Putih: Trump Belum Jalani Tes Covid-19

Gedung Putih menyebut Trump belum menjalani pemeriksaan Covid-19.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda
Presiden AS Donald Trump pernah melakukan kontak dengan dua anggota parlemen yang kini menjalani masa karantina mandiri pencegahan penyebaran virus corona.
Foto: AP
Presiden AS Donald Trump pernah melakukan kontak dengan dua anggota parlemen yang kini menjalani masa karantina mandiri pencegahan penyebaran virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON --  Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump rupanya pernah melakukan kontak dengan dua anggota parlemen yang kini sedang menjalani masa karantina mandiri dalam rangka pencegahan penularan virus corona. Gedung Putih menyatakan, meski ada kontak langsung, Trump belum melakukan tes apapun, Senin (9/3).

"Presiden belum menjelani tes Covid-19 karena dia tidak memiliki kontak dekat yang lama dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dia juga tidak memiliki gejala," ujar juru bicara Gedung Putih Stephanie Grishamdala dalam pernyataan resminya.

Baca Juga

Kedua anggota parlemen sempat menghadiri konferensi yang didatangi oleh orang yang sudah lebih dulu terkonfirmasi terinfeksi virus corona. Mereka pun telah mengungkapkan daftar nama orang yang pernah kontak dengannya beberapa waktu belakangan, termasuk dengan Trump.

"Presiden Trump tetap dalam kesehatan yang sangat baik dan dokternya akan terus memonitornya," kata Grisham dalam sebuah pernyataan.

Dikutip dari The Guardian, kedua anggota parlemen tersebut berasal dari Partai Republik. Mereka adalah Matt Gaetz dari Florida dan Doug Collins dari Georgia.

Gaetz dan Collins mengaku tidak memiliki gejala. Meski demikian, keduanya mengikuti rekomendasi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS untuk melakukan dua pekan isolasi diri.

Gaetz terbang bersama Trump dengan Air Force One dari Orlando ke Washington pada Senin. Dalam perjalanan, dia diberi tahu bahwa dirinya telah melakukan kontak dengan pembawa virus di Conservative Political Action Conference (CPAC) di Maryland bulan lalu.

"Meskipun anggota Kongres tidak mengalami gejala, dia menjalani pengujian hari ini dan hasilnya diharapkan segera keluar," kata kantor Gaetz dalam akun Twitter sebelum kabar uji positif diumumkan Gedung Putih.

Collins sempat berjabat tangan dengan Trump saat menyambutnya di bandara Atlanta pada Jumat lalu. Mereka kemudianmengunjungi markas CDC untuk pemutakhiran informasi tentang virus corona. Collins kemudian mengetahui bahwa dia juga berpotensi terkena paparan di konferensi yang diadakan setiap tahun di Maryland itu.

Gaetz dan Collins bergabung dengan sesama politisi konservatif Ted Cruz yang juga telah melakukan karantina mandiri. Senator Texas itu telah menghadiri acara yang sama dan bertemu dengan orang yang terinfeksi.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement