Senin 09 Mar 2020 23:41 WIB

BPBD Masih Kesulitan Padamkan Kebakaran Lahan Gambut di Aceh

Lahan gambut yang terbakar masih mengeluarkan gumpalan asap tebal.

Satgas Karhutla dari TNI, Polri bersama relawan pemadam kebakaran berupaya memadamkan kebakaran lahan gambut (ilustrasi)
Foto: Antara/Bayu Pratama S
Satgas Karhutla dari TNI, Polri bersama relawan pemadam kebakaran berupaya memadamkan kebakaran lahan gambut (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Jaya hingga Senin (9/3) malam masih kesulitan memadamkan kebakaran lahan gambut sekitar dua hektare di kawasan Kayee Lhon, Desa Lueng Gayo. "Untuk saat ini belum bisa dipadamkan secara menyeluruh, karena lahan gambut yang terbakar ini masih mengeluarkan gumpalan asap tebal," kata petugas Pusdalops BPBD Aceh JayaDestian Yurisfandi Meulaboh.

Pihaknya juga memastikan belum bisa mengetahui secara pasti penyebab kebakaran lahan gambut di Kecamatan Teunom itu yang merupakan perbatasan antara Aceh Jaya dengan Kabupaten Aceh Barat. Ia menjelaskan bahwa faktor kekeringan dan musim kemarau yang melanda Kabupaten Aceh Jaya, diduga menjadi faktor utama terjadinya kebakaran. Hal itu karena lahan kering rentan terbakar.

Baca Juga

Meski pun demikian, pihaknya bersama prajurit TNI dan Polri terus melakukan pemadaman secara manual. Karena peralatan pemadaman api tidak mampu menjangkau lokasi kebakaran lahan. "Untuk saat ini tim mengerahkan unit pompa apung dan kami siagakan satu unit mobil pemadam di lokasi kebakaran," kata Destian Yurisfan menambahkan. Ia menegaskan, tim BPBD Aceh Jaya bersama TNI dan Polri masih berada di lokasi untuk mengantispasi meluasnya kebakaran lahan di daerah itu.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement