Senin 09 Mar 2020 21:37 WIB

Lewat FDB Purworejo, Relawan Rumah Zakat Bantu Korban Banjir

Forum Desa Berdaya Purworejo melakukan aksi tanggap bencana dengan membagikan makanan

Relawan Rumah Zakat yang tergabung dalam Forum Desa Berdaya (FDB) Purworejo melakukan aksi tanggap bencana dengan membagikan makanan ke titik banjir yang berlokasi di Dusun Sangkalan RT 04 RW 02, Desa Bapangsari Kecamatan Bagelen, Purworejo.(Rumah Zakat)
Foto: Rumah Zakat
Relawan Rumah Zakat yang tergabung dalam Forum Desa Berdaya (FDB) Purworejo melakukan aksi tanggap bencana dengan membagikan makanan ke titik banjir yang berlokasi di Dusun Sangkalan RT 04 RW 02, Desa Bapangsari Kecamatan Bagelen, Purworejo.(Rumah Zakat)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOREJO -- Relawan Rumah Zakat yang tergabung dalam Forum Desa Berdaya (FDB) Purworejo melakukan aksi tanggap bencana dengan membagikan makanan ke titik banjir yang berlokasi di Dusun Sangkalan RT 04 RW 02, Desa Bapangsari Kecamatan Bagelen, Purworejo, beberapa waktu lalu.

Menurut Koordinator relawan Rumah Zakat Purworejo, M Nasir mengatakan pihaknya melakukan dua kegiatan dalam penanganan banjir ini. "Kami melakukan dua kegiatan dalam banjir pagi ini, pembagian nasi bungkus yaitu 200 nasi bungkus air mineral dan makanan untuk RW 2 dan evakuasi korban banjir ke pengungsian, karena posisi posko pengungsian ini berjarak satu kilometer (km) dari jalan raya yang bisa di akses mobil, maka relawan RI yang terdampak banjir langsung ini harus menjemput logistik dari dapur umum posko FDB untuk dihimpun di posko bencana banjir Dusun Sangkalan Bapangsari," kata Nasir.

Baca Juga

Adapun kegiatan pembagian makanan berupa nasi bungkus dipimpin oleh Andi, Relawan Rumah Zakat Desa Cengkawakrejo sedangkan untuk evakuasi dipimpiin oleh Mulyono, Relawan Rumah Zakat Desa Bapangsari.Sementara itu, FDB sendiri terdiri dari 14 relawan yang membawahi 14 desa binaan Rumah Zakat. Akibat hujan lebat yang terjadi, 3 Desa Berdaya mengalami bencana diantaranya Desa Kalijering Desa Limbangan, dan Desa Bapangsari.

"Kami masih prioritas di Bapangsari mengingat masyarakat terdampak langsung dan harus mengungsi sebanyak 282 jiwa dari 78 KK yang berasal dari RT 01 , sebagian RT 02 , RT 03 dan RT 04 ini merupakan daerah yang terdampak paling serius yakni beberapa rumah , ada yang debit airnya sudah setinggi perut orang dewasa di dalam rumah," ungkap Nasir.

Sebetulnya, penduduk setempat sudah siap siaga dengan kedatangan banjir ini. Namun, tidak disangka setelah shalat shubuh air datang dengan cepat dan langsung masuk ke beberapa rumah warga. Puncaknya, pada jam 11 siang di rumah Pak Ponirin (54 th) air mencapai ketinggian 2,5 meter.

Walau perlahan, air mulai surut ketika memasuki sore hari. Selain itu, warga merasa bersyukur karena bisa menyantap bantuan makanan dari Rumah Zakat.

photo
Relawan Rumah Zakat yang tergabung dalam Forum Desa Berdaya (FDB) Purworejo melakukan aksi tanggap bencana dengan membagikan makanan ke titik banjir yang berlokasi di Dusun Sangkalan RT 04 RW 02, Desa Bapangsari Kecamatan Bagelen, Purworejo. - (Rumah Zakat)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement