Kamis 05 Mar 2020 11:13 WIB

Arkeolog Klaim Temukan Tempat Kelahiran Robin Hood

Robin Hood menjadi legenda pahlawan rakyat selama bertahun-tahun.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Robin Hood.
Foto: Yorkshire Live
Robin Hood.

REPUBLIKA.CO.ID, SHEFFIELD -- Seorang guru sekolah telah menemukan tempat kelahiran Robin Hood, di sebuah hutan kuno di belakang taman bermain sekolah. Dan Eaton, guru di Loxley Primary dan arkeolog lepas mengatakan bahwa ia memiliki bukti bahwa Robin Hood dari Loxley, lahir di Little Haggas Croft. Dia ingin berbagi temuannya tersebut untuk membantu menempatkan area itu di peta.

"Di sini, di Loxley, selalu saja 'Robin Hood datang dari sini', saya pikir ini berusaha membuat orang menyadari bahwa ini adalah fenomena global. Itu bukan hanya sesuatu yang penting bagi kami di Loxley, tetapi itu adalah sesuatu yang harus kami benar-benar rayakan dan banggakan sebagai komunitas," ujar Eaton dilansir di Yorkshire Live, Kamis (5/3).

Baca Juga

Bandit ini dikenal di seluruh dunia dan petualangannya telah memberikan inspirasi bagi banyak buku, lagu, film, dan drama selama ratusan tahun, serta studi akademis. Peneliti lain telah menunjuk tempat itu sebagai tempat kelahiran legenda ini sebelumnya. Namun, Eaton mengatakan dia adalah yang pertama yang memiliki akses ke situs tersebut, yang memungkinkannya untuk mengungkap misteri tentang siapa sebenarnya pahlawan rakyat itu.

"Ini benar-benar menarik. Semua orang tahu legenda dan ada sejumlah besar karya ilmiah yang luar biasa, tetapi sebenarnya tidak ada yang menginjakkan kaki di Loxley untuk mencoba dan melakukan ini," jelasnya.

Semuanya dimulai tiga tahun yang lalu ketika Eaton, yang merupakan penggemar Robin Hood bergabung dengan sekolah yang menggunakan pemanah sebagai logonya dan memiliki patungnya di taman bermain. Dia menemukan batu penanda besar dengan salib diukir di atasnya berdiri di tengah-tengah hutan.

Jaraknya hanya beberapa langkah dari daerah padat semak belukar kuno yang mengingatkannya pada kisah awal Robin Hood.

Setelah diselidiki lebih lanjut, kepala sekolah memintanya untuk mengumpulkan paket pendidikan untuk mengajar murid-murid tentang matematika, sains, sejarah, bahasa Inggris, geografi dan seni melalui legenda.

"Sungguh menakjubkan melihat anak-anak antusias mengenai ini dan benar-benar memotivasi saya sebagai seorang guru untuk dapat meneruskan pengetahuan sejarah lokal yang sangat saya hargai," kata Eaton.

Menurutnya, hal utama bagi sekolah adalah merayakan warisan Robin Hood dengan tidak hanya mendidik anak-anak, tetapi membuat mereka penasaran dan bertanya.

"Jadi anak-anak Loxley tahu apa warisan yang menakjubkan ini yang mereka miliki dan kami ingin membukanya ke masyarakat yang lebih luas sehingga orang-orang di Sheffield tahu apa yang ada di sini juga," kata Eaton.

Sekolah ini telah menerima dana dari Dewan Paroki Bradfield untuk pondok penceritaan Robin Hood yang akan dibangun di dekat hutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement