Kamis 05 Mar 2020 06:25 WIB

Wabah Corona, Penerbangan Singapura dan Malaysia Sepi

Wabah virus corona memberikan dampak terhadap bisnis penerbangan.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Nora Azizah
Karyawan mengenakan masker di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Rabu (4/3).
Foto: Republika/Abdan Syakura
Karyawan mengenakan masker di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Rabu (4/3).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wabah virus corona atau covid-19 turut memberikan dampak terhadap bisnis penerbangan, salah satunya di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung. Akibat wabah tersebut, penerbangan internasional ke Singapura dan Malaysia sepi pengunjung.

GM Bandara Husein Sastranegara, Andika Nuryaman, mengatakan, dampak wabah covid-19 terhadap bisnis penerbangan sangat terasa. Menurutnya, penumpang internasional tujuan Singapura dan Malaysia berkurang drastis. Bahkan dua jadwal penerbangan dibatalkan beberapa waktu lalu.

Baca Juga

"Ya ada pengaruhnya (akibat wabah corona penumpang sepi), disamping lagi low season," ujarnya saat dihubungi, Kamis (5/3).

Ia mengatakan, pada Selasa (3/3) lalu, dua jadwal penerbangan ke Singapura dan Malaysia dibatalkan karena penumpang yang sedikit. Menurutnya, jika penumpang sudah mulai banyak maka maskapai pesawat akan terbang kembali.

Menurutnya pihaknya sudah menyiapkan berbagai fasilitas untuk mengantisipasi penyebaran virus corona dari wisatawan mancanegara. Saat ini, pihak bandara mengantisipasi dengan menyiapkan thermoscanner untuk deteksi suhu tubuh penumpang.

"Kita sudah menyiapkan ada thermoscaner untuk antisipasi ketika ada penumpang yang terdeteksi kalau suhu tubuh mereka di atas 38,5 derajat celsius," ujarnya.

Andika menjelaskan, ketika ada wisatawan yang suhu tubuhnya berada di atas angka tersebut, maka yang bersangkutan akan langsung dimasukan ke ruang isolasi untuk dilakukan pengecekan badan secara detil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement