Selasa 03 Mar 2020 20:55 WIB

Gunung Semeru Keluarkan Awan Panas Sejauh Tiga Kilometer

Gunung Semeru mengeluarkan guguran awan panas sejauh tiga kilometer.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Bayu Hermawan
Fenomena
Foto: Dok BB TNBTS
Fenomena

REPUBLIKA, MALANG -- Gunung Semeru mengeluarkan guguran awan panas hingga sejauh tiga kilometer. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Agus Wibowo mengatakan informasi tersebut sebagaimana dilaporkan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Subagyo.

"Saat ini, gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut masuk dalam level II (Waspada)" kata Agus melalui siaran persnya, Selasa (3/2).

Agus melannutkan, guguran awan panas teramati dengan amplitudo maksimal 23 milimeter dengan lama gempa hingga 540 detik. Luncuran awan panas tersebut mengarah ke Besuk Kembar, dan Besuk Bang, dari pusat guguran dengan jarak kurang lebih 750 meter dari kawah utama.

Menurut Agus, fenomena alam tersebut sudah sering terjadi. Artinya, kondisi saat ini masih aman dan terkendali. Kendati demikian, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan BPBD tetap mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas pada radius satu kilometer dan wilayah sekitar empat kilometer di sektor lereng selatan-tenggara yang menjadi jalur luncuran awan panas dari kawah utama.

"Selain itu, masyarakat juga diharapkan agar selalu waspada terhadap potensi luncuran awan panas di Kawah Janggring Saloko agar kemudian fenomena alam tersebut tidak menjadi bencana," ujar Agus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement