Selasa , 14 March 2017, 12:45 WIB

Layanan KTP One Day Service

Pengirim : Ragil Romly

Dalam rangka hari jadi ke-20 Kota Bekasi, Pemerintah Kota Bekasi mengadakan Bekasi Expo di L2 BFC Summarecon, tanggal 11-19 Maret 2017. Pada selebaran pengumuman acara HUT tersebut, terdapat layanan pengurusan One Day Service KTP/KK.

Sebagai warga Bekasi, tentu saya dan istri merasa senang dengan informasi tersebut karena kami ingin mengurus mutasi KTP istri dan Cimahi ke alamat baru Bekasi, serta penambahan pencatuman anggota keluarga baru, yaitu anak kami pada Kartu Keluarga (KK).

Saat kami datang pada Sabtu, 11 Maret 2017, panitia yang bertugas di booth Dinas Kependudukan menyatakan, tanggal 11 Maret panitia dari Dinas Kependudukan belum membawa alat rekam atau alat cetak KTP ke lokasi Bekasi Expo.

Kami diminta membawa semua persyaratan pada hari berikutnya, yaitu Ahad, 12 Maret 2017. Pada Ahad, istri saya kembali ke lokasi pengurusan One Day Service, dengan membawa semua berkas yang dibutuhkan.

Namun sayangnya, kembali panitia tidak menepati janjinya untuk melakukan layanan One Day Service, sehingga istri saya justru diminta untuk datang ke kantor Dinas Kependudukan pada hari berikutnya, yakni Senin, 13 Maret 2017.

Sebagai warga, saya kecewa karena fisik KTP atau KK dengan alamat kami yang baru, sangat dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan administrasi berbagai hal, seperti pengurusan JKN agar kami memiliki rujukan fasilitas pelayanan kesehatan primer sesuai tempat tinggal baru.

Sementara itu, pengajuan KTP baru kami sebenarnya sudah hampir dua tahun, tetapi tertunda-tunda karena setiap kali kami kelurahan atau kecamatan, sering kali terkendala dengan alasan kartu KTP elektronik habis atau belum tersedia, dan hanya mendapatkan KTP pengganti yang secara fisik harus kami laminasi.

Yang menjadi pertanyaan bagi kami, apa arti /One Day Service bagi Dinas Kependudukan Kota Bekasi jika ternyata setelah dua hari kami menuju /booth stan Dinas Kependudukan Kota Bekasi masih saja menyatakan belum siap?


0 KOMENTAR

 

Kirim Suara Pembaca

Silakan kirim suara pembaca melalui form berikut ini.Tidak semua surat yang masuk ditayangkan di ROL. Redaksi mengutamakan surat yang ditulis dengan baik disertai identitas yang jelas, berupa foto diri dan scan KTP/kartu identitas lain.Semua kolom harus diisi.