Senin , 13 October 2014, 14:34 WIB

Bebas Visa ke Jepang tidak Benar

Pengirim : Richard Susilo
Pesawat Garuda (Ilustrasi)

Sampai dengan akhir tahun ini, yang kami tahu tidak ada pembebasan visa Jepang bagi warga negara Indonesia di manapun berada. Yang benar adalah relaksasi visa bagi warga Indonesia.

Itu pun hanya terkait e-passpor saja, paspor masyarakat umum biasa tidak berlaku. E-Passpor adalah paspor khusus yang memiliki IC Chip di dalamnya sehingga data si pemilik terekam dalam paspor dan dapat dengan mudah oleh mesin elektronik di imigrasi manapun yang telah menerima penggunaan e-passpor.

Untuk mendapatkan e-passpor, harus dilakukan pengurusan khusus hanya di empat kantor imigrasi, salah satunya di Kantor Imigrasi di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Pusat.

Setelah e-passpor dimiliki, itu pun harus didaftarkan di Kedubes atau Konjen Jepang di Indonesia. Setelah mereka setuju, barulah e-passpor bisa digunakan untuk masuk-keluar Jepang dengan bebas.

Itu pun ada jangka waktu dan maksimum. Bila melakukan aplikasi multiple visa, bisa bebas masuk-keluar selama maksimum 30 hari. Itu pun hanya untuk menjadi wisatawan, bukan untuk maksud dan tujuan lain. Informasi lengkap ini dapat dilihat di situs Kemenlu Jepang.

Kami perkirakan visa bebas yang sebenarnya bagi warga Indonesia kemungkinan pada Juni atau Juli 2015. Masih butuh waktu sedikitnya setengah tahun untuk visa bebas ke Jepang, seperti bepergian ke Singapura atau Malaysia.

Terima kasih dan berharap masyarakat Indonesia bersabar dan mendapat informasi sebenarnya.

0 KOMENTAR

 

Kirim Suara Pembaca

Silakan kirim suara pembaca melalui form berikut ini.Tidak semua surat yang masuk ditayangkan di ROL. Redaksi mengutamakan surat yang ditulis dengan baik disertai identitas yang jelas, berupa foto diri dan scan KTP/kartu identitas lain.Semua kolom harus diisi.